Monday May 20, 2024 22:17
Featured

Tips Memilih Jam Tangan yang Tepat

Tips Memilih Jam Tangan yang Tepat

MATA LELAKI - Jam tangan adalah alat penunjuk waktu yang digunakan di pergelangan tangan. Selain menunjukkan waktu, jam tangan menjadi salah satu aksesoris yang wajib digunakan dalam dunia fashion.  Jam tangan juga memiliki banyak jenis dan modelnya, mulai dari analog sampai smartwatch. Bagaimana cara memilihnya? Simak tips berikut ini!

Jenis

1. Digital

Tips Memilih Jam Tangan yang TepatSource: pexels.com

Jam tangan ini biasanya ditenagai oleh baterai dan memiliki tampilan waktu yang berupa angka atau nomor dengan lampu LED pada bagian utamannya. Jam tangan digital ini pertama kali muncul pada tahun 1970, dengan merk Pulsar LED Prototype yang dikembangkan oleh Hamilton Watch Company. Pada waktu itu para pengguna jam tangan digital kebanyakan dari kalangan penggemar olahraga.

2. Analog

Tips Memilih Jam Tangan yang TepatSource: pexels.com

Sama seperti jam tangan digital, jam tangan yang satu ini juga ditenagai oleh baterai untuk penggeraknya. Tampilan yang paling umum pada jam tangan ini adalah jam ini memiliki jarum penunjuk detik, penunjuk menit, dan penunjuk jam yang terus berputar. Diperlukan ketelitian untuk bisa membaca waktu dengan baik, karena sebagian orang mungkin tidak terlalu mahir membaca waktu di jam analog karena sebab-sebab tertentu. Jam tangan ini masih populer sampai saat ini, dan mayoritas pengguna jam tangan jenis ini dari kalangan bisnis.

3. Mekanik

Tips Memilih Jam Tangan yang TepatSource: pexels.com

Jam tangan ini biasanya sering juga disebut sebagai jam tangan automatic karena ditenagai oleh penggerak mesin, yang dipadukan dengan magnet dan pegas atau rotor. Karena jam tangan ini tidak memiliki daya elektrik, maka tenaga gerak si pengguna yang dikonversikan sebagai dayanya. Rumitnya mekanisme pada jam tangan ini membuat harganya terbilang mahal, apalagi tipe jam tangan yang satu ini menjadi salah satu incaran para kolektor dengan brand tertentu sebagai hobi ataupun investasi.

4. Smartwatch

Tips Memilih Jam Tangan yang TepatSource: pexels.com

Jam tangan ini adalah sebuah inovasi perkembangan teknologi yang ada. Jam jenis ini mempunyai banyak fitur yang bisa langsung dikontrol atau konektivitas ke smartphone penggunanya. Kebanyakan dari pengguna smartwatch ini adalah dari kalangan pecinta olahraga, yang membutuhkan data detak jantung sampai langkah kaki.

Desain

Tips Memilih Jam Tangan yang TepatSource: pexels.com

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, tahap selanjutnya dalam memilih jam tangan adalah desain. Mulai dari bahan yang digunakan. Contohnya jika kalian memiliki alergi terhadap strap kulit, kalian bisa memilih opsi strap berbahan karet ataupun stainless. Beberapa jam tangan juga memiliki desain yang sesuai dengan kebutuhan kalian seperti, desain sporty, kasual, sampai elegan.

Ukuran

Tentukan ukuran jam tangan yang ingin kalian beli sesuai dengan ukuran pergelangan tangan kalian. Jika kalian memiliki pergelangan tangan yang besar, gunakanlah diameter jam tangan yang tidak terlalu kecil begitupun sebaliknya. Ini juga berlaku pada bagian strapnya, terlebih lagi kalau kalian menggunakan strap yang memiliki fitur 'Pin Buckle', sehingga sisa ujung strap tidak terlalu panjang.

Harga

Hal terakhir yang paling penting yaitu sesuaikan budget yang kalian miliki dengan harga jam tangan yang ingin kalian beli. Karena pada dasarnya fungsi utama jam tangan hanyalah untuk menunjukkan waktu.

Kalau kalian, lebih suka memakai jam tangan yang seperti apa?

You may also like

Leave a comment