Tuesday Jun 25, 2024 06:22
Featured

Awas, Jangan Main Jet Ski Tanpa Tahu Hal Ini!

Awas, Jangan Main Jet Ski Tanpa Tahu Hal Ini!

MATA LELAKI - Berlibur ke pantai melepaskan penat itu sangat menyenangkan, tapi tidak lengkap jika tidak mencoba salah satu olahraga yang terbilang ekstrem, yaitu jet ski. Karena termasuk olahraga ekstrem, risiko kecelakaan saat sedang bermain jet ski sangatlah tinggi. Agar risiko kecelakaan bisa dicegah, maka kalian harus menguasai beberapa keahlian, serta dilengkapi dengan peralatan lengkap. Berikut ini adalah perlengkapan bermain jet ski untuk pemula yang perlu kalian ketahui.

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK BERMAIN JET SKI

1. Life Jacket (Jaket Pelampung)

Awas, Jangan Main Jet Ski Tanpa Tahu Hal Ini!

Source: jettech.com

Jaket pelampung ini sendiri disebut dengan "life jacket" yang berfungsi untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Jaket pelampung ini tentu saja wajib digunakan semua orang yang ingin mengendarai jet ski. Tujuannya jika kalian celaka di atas air, pelampung ini dapat menyelamatkan kalian dari tenggelam.

2. Whistle/Air Horn (Peluit)

Awas, Jangan Main Jet Ski Tanpa Tahu Hal Ini!Source: pixabay.com

Sebagian besar negara mewajibkan penggunaan peluit atau klakson udara saat memakai jet ski. Kalian dapat membeli banyak peluit dan meletakkannya di beberapa tempat di pelampung yang kalian gunakan. Jika kalian mendapatkan masalah atau kecelakaan, kalian bisa meniupkan peluitnya dengan harapan akan ada orang yang datang menolong kalian.

3. Dry Bag (Kantong kering)

Awas, Jangan Main Jet Ski Tanpa Tahu Hal Ini!

Source: jettech.com

Kalian juga perlu tempat penyimpanan barang pribadi kalian jika sedang bermain olahraga jet ski ini. Di dalamnya kalian bisa menyimpan benda-benda penting untuk keselamatan kalian, seperti misalnya kotak P3K, atau alat-alat medis lainnya. Kenapa memakai dry box? Dengan bobot yang tidak terlalu berat, dry bag bisa mengapung jika dilemparkan di dalam air.

YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN SAAT BERMAIN JET SKI

1. Meminum alkohol

Awas, Jangan Main Jet Ski Tanpa Tahu Hal Ini!

Source: pixabay.com

Minum alkohol dan sejenisnya yang membuat pikiran tidak fokus sangat dilarang untuk pemain jet ski ketika hendak bermain. Untuk menghindari risiko celaka saat bermain jet ski, sebaiknya jangan meminum minuman alkohol. Selain membahayakan diri sendiri, minum alkohol sebelum main jet ski juga bisa membahayakan orang lain.

2. Mengendarai jet ski malam hari

Awas, Jangan Main Jet Ski Tanpa Tahu Hal Ini!
Source: brpindonesia

Janganlah mengendarai jet ski pada malam hari, Waktu untuk berkendara jet ski adalah antara matahari terbit dan terbenam. Sebagian negara menetapkan aturan waktu bermain jet ski mulai dari 30 menit sebelum matahari terbit dan baiknya mematikan jet ski dari air 30 menit sebelum matahari terbenam.

3. Kurangi beban

Awas, Jangan Main Jet Ski Tanpa Tahu Hal Ini!
Source: nakita.grid.id

Yang terakhir, kalian bisa menemukan jet ski dengan model yang bisa menampung 2 sampai 3 orang, tetapi kalian harus tetap berhati-hati saat mengendarainya. Alasannya adalah karena semakin banyak penumpang, beban yang ada di atas jet ski makin berat, dan itu membuat jet ski jadi tidak stabil. Hal itu jelas berbahaya, apalagi jika digunakan dengan kecepatan tinggi.

Itulah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum memutuskan untuk bermain jet ski. Masih tertarik untuk mencoba salah satu olahraga ekstrem ini?

You may also like

Leave a comment