Tuesday Apr 23, 2024 14:02
Featured

Sering Mimpi Buruk? Ini Penyebabnya

Sering Mimpi Buruk? Ini Penyebabnya

MATA LELAKI - Bagi sebagian orang mimpi sering kali diartikan sebagai bunga tidur. Bahkan saat seseorang mengalami mimpi buruk, tak jarang orang-orang tersebut mengaitkan mimpi ke hal-hal mistis.

Sejauh ini belum ada penelitian yang berhasil menggali lebih dalam mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan mimpi. Namun, kemunculan mimpi buruk yang dialami dapat dijelaskan secara medis. 

Pada umumnya, orang yang mengalami mimpi buruk mampu mengingat isi mimpinya ketika terbangun. Kendati tidak nyata, tetapi mimpi buruk memberi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi siapa pun yang mengalaminya.

Lantas, apa saja penyebab mimpi buruk saat tidur menurut kesehatan?

Sering Mimpi Buruk? Ini PenyebabnyaSource: pexels.com

1. Makan berdekatan dengan waktu tidur

Jam makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat tubuh tidak nyaman. Apalagi jika pada saat makan terlalu banyak mengonsumsi gula. Tidak hanya itu, makan menjelang jam tidur juga memicu aktivitas otak menjadi lebih aktif. Hal ini bisa meningkatkan peluang seseorang mengalami mimpi buruk.

2. Stres berlebihan

Mimpi buruk juga dapat diakibatkan karena terjadinya stres yang berlebihan. Kondisi tersebut memicu anxiety dreams karena ini adalah cara untuk memproses atau melepas emosi yang sebelumnya dipendam seharian. Masalah kesehatan mental, rasa trauma, hingga rasa cemas secara tidak sadar terbawa ke dalam alam bawah sadar yang kemudian menciptakan emosi serupa berupa mimpi buruk.

Sering Mimpi Buruk? Ini PenyebabnyaSource: pexels.com

3. Pola Tidur Berantakan

Jam tidur yang berantakan dapat menurunkan kualitas tidur, sehingga emosi menjadi tidak stabil. Seseorang yang kurang tidur lebih mudah marah dan lebih sensitif, yang memungkinkan emosi tersebut terbawa pada saat tidur dan larut ke dalam mimpi.

4. Konsumsi Alkohol Berlebih

Kendati membantu tidur menjadi lebih nyenyak, mengonsumsi alkohol secara berlebihan membuat tubuh merasakan reaksi yang tidak nyaman sehingga mengganggu kualitas tidur. Tak hanya itu, mengonsumsi alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan parasomnia, yaitu gangguan tidur berupa gerakan, emosi, hingga mimpi tak wajar.

Sering Mimpi Buruk? Ini PenyebabnyaSource: pexels.com

Tidak perlu panik jika kalian mengalami mimpi buruk. Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengendalikan diri sebaik mungkin agar frekuensi mimpi buruk tidak terus terjadi, antara lain sebagai berikut.

  • Mengurangi konsumsi alkohol, kafein, atau makan berdekatan dengan waktu tidur.
  • Menghindari konsumsi obat penenang.
  • Relaksasi sebelum tidur seperti yoga, meditasi, membaca bacaan ringan, atau memasang diffuser aromaterapi supaya lebih rileks.
  • Membangun pola tidur sehat, dengan kualitas tidur yang baik serta waktu tidur dan bangun yang sama.

Itulah penyebab mimpi buruk saat tidur dan cara mengatasinya supaya tidur kalian lebih berkualitas. Semoga informasi di atas dapat membantu masalah tidur kalian.

You may also like

Leave a comment