Wednesday May 29, 2024 12:41
Featured

Hilangkan Bau Ketiak dengan Cara Ini

Hilangkan Bau Ketiak dengan Cara Ini

MATA LELAKI - Bau ketiak kerap kali membuat seseorang hilang kepercayaan diri, apalagi jika aroma tidak mengenakkan ini tercium orang lain. Bau yang tidak enak ini terjadi karena pertumbuhan bakteri di kulit yang bercampur dengan keringat. Selain keringat, terdapat juga beberapa faktor lain penyebab terjadi bau ketiak, antara lain:

Hilangkan Bau Ketiak dengan Cara IniSource: pexels.com

1. Konsumsi Makanan dan Minuman

Di dalam beberapa makanan terdapat zat yang bisa memicunya bau badan. Seperti zat allicin dan belerang yang dapat memengaruhi aroma keringat dan bau mulut. Contoh makanan yang dapat menjadi pemicu bau badan adalah buncis, kembang kol, brokoli dan aneka bawang-bawangan.

Sedangkan orang yang sering minum-minuman beralkohol juga berpontensi memiliki keringat yang menyebabkan bau badan. Karena cairan alkohol yang masuk ke dalam tubuh diproses menjadi asam asetat yang membuat keringat dan urine jadi bau.

Selain itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik atau antidepresan juga dapat memicu terjadinya bau ketiak. Zat yang terkandung dalam obat tersebut mempengaruhi metabolisme sehingga membuat jumlah keringat menjadi lebih banyak yang menghasilkan bau tidak sedap.

Hilangkan Bau Ketiak dengan Cara IniSource: pexels.com

2. Tidak Menjaga Kebersihan Ketiak

Untuk menhindari bau ketiak yang mengganggu, ada baiknya dimulai dengan menjaga kebersihan ketiak itu sendiri. Mulai dari mencukur bulu ketiak secara rutin hingga menjaga kulit ketiak tetap kering.

Ketiak dengan bulu yang dibiarkan lebat membuat ketiak penuh dengan rambut dan sulit untuk dibersihkan. Kulit ketiak yang terlalu lembab rentan membuat mikroorganisme di ketiak jadi berkembang biak.

3. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah kondisi yang mana penderitanya memproduksi lebih banyak keringat dari orang biasa tanpa sebab. Keringat akan terus keluar dengan jumlah yang tidak normal walaupun orang tersebut berada di tempat yang bersuhu dingin atau sedang tidak melakukan aktivitas berat.

Hilangkan Bau Ketiak dengan Cara IniSource: pexels.com

Adapun beberapa cara untuk mengatasi bau ketiak adalah sebagai berikut:

  • Memakai antiperspiran dan deodoran
  • Mebersihkan ketiak secara rutin
  • Mandi setiap hari
  • Memakai baju yang tidak terlalu ketat
  • Menjaga asupan makan yang memungkinkan dapat berdampak pada bau badan

Itulah penyebab dan cara agar kalian terhindar dari bau ketiak yang membuat kurang percaya diri. Mulailah untuk memperhatikan hal-hal kecil untuk kebersihan diri kita sendiri. Semoga ulasan di atas dapat membantu kalian.

You may also like

Leave a comment