Thursday May 02, 2024 23:14
Featured

Bukan Sekadar Hobi, Ini Manfaat Membaca Buku

Bukan Sekadar Hobi, Ini Manfaat Membaca Buku

MATA LELAKI - Mendapatkan ilmu atau informasi bisa dari mana saja, mulai dari internet sampai membaca majalah maupun buku. Membaca buku sudah menjadi hal yang tidak asing bagi kita semua, yang sudah dilakukan mulai dari bangku sekolah dasar. Buku merupakan jendela dunia, dengan membaca buku, berarti kita telah membuka jendela tersebut.

Bukan Sekadar Hobi, Ini Manfaat Membaca BukuSource: pexels.com

Ternyata membaca buku bukan cuma untuk kesenangan atau menghabiskan waktu luang saja. Tanpa kita sadari banyak inspirasi yang muncul setelah membaca buku, tergantung buku apa yang kalian baca. Membaca buku juga memiliki banyak manfaat. Apa saja? Simak penjelasan berikut.

Bukan Sekadar Hobi, Ini Manfaat Membaca BukuSource: pexels.com

Buku adalah Jendela Dunia, seperti yang sudah dijelaskan di atas, 'Jendela Dunia' yang diartikan sebagai sumber pengetahuan dan wawasan. Banyak hal yang sebelumnya kita tidak tahu dan akhirnya jadi tahu setelah membaca buku.

Mengurangi Stres, banyak orang yang memilih membaca buku untuk menghilangkan stres setelah rutinitas yang dilakukan seharian. Rupanya, membaca buku selama beberapa menit dapat membantu menekan hormon kortisol, yang mampu menurunkan tingkat stres hingga 67% sehingga membuat pikiran lebih santai.

Memperbanyak Kosakata, sering membaca buku membuat kosakata yang kita ketahui jadi bertambah. Hal ini sangat bagus untuk membantu percaya diri saat kita berbicara dengan orang lain menggunakan bahasa yang lugas.

Bukan Sekadar Hobi, Ini Manfaat Membaca BukuSource: pexels.com

Meningkatkan Konsentrasi, saat sedang membaca buku otak kita diharuskan untuk fokus pada apa yang kita baca. Fokus yang tidak sengaja terlatih pada saat membaca buku ini, membuat konsentrasi kita meningkat saat mengerjakan hal lain nantinya.

Meningkatkan Daya Ingat, seperti yang kita tahu, membaca buku tidak bisa dihabiskan dalam sekali baca, kurang lebih bisa dua sampai tiga kali. Tentu ini memerlukan daya ingat untuk mengingat apa yang sebelumnya sudah kita baca agar melanjutkan pembacaan.

Itulah beberapa manfaat dari membaca buku. Kalau kalian lebih suka membaca buku menggunakan buku fisik atau e-book?

You may also like

Leave a comment