Tuesday May 07, 2024 15:43
Featured

Motocross, Bukan Sekadar Kebut-kebutan

Motocross, Bukan Sekadar Kebut-kebutan

MATA LELAKI - Bagi kalian yang suka dengan aktivitas ekstrem, mungkin saatnya kalian mencoba hobi yang satu ini, yaitu motocross. Motocross bisa dibilang sebagai aktivitas kebut-kebutan dengan motor trail di medan yang berpasir dan berlumpur. Walaupun terlihat menyenangkan bisa mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, hobi yang satu ini perlu kalian latih sebelum turun ke arena pacu untuk memainkan rem dan juga buka-tutup gas.

Beberapa pembalap yang sudah lama menggeluti hobi yang satu ini mengakui bahwa berkendara di lintasan motocross itu berbahaya dan penuh dengan resiko.

Motocross, Bukan Sekadar Kebut-kebutanSource: pexels.com

Selain itu, ternyata hobi motocross ini memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah meningkatkan keseimbangan buat para pengendaranya. Trek yang berpasir dan berlumpur tersebut mengharuskan si pengendara untuk terus menjinakkan motornya di lintasan.

Genggaman yang kuat juga diperlukan untuk meminimalisir guncangan atau hentakan dari stang. Maka dari itu pengendara motocross ini harus dalam kondisi fisik yang maksimal mulai dari bahu, otot lengan, paha depan, paha belakang, dan otot-otot kaki.

Motocross, Bukan Sekadar Kebut-kebutanSource: pexels.com

Adapun perlengkapan yang perlu disiapkan untuk melakukan hobi ini adalah sebagai berikut.

Sepeda Motor

Cek kembali kesiapan motor kalian, mulai dari ban, rantai, sampai kelistrikan. Kelistrikan berpengaruh pada lampu yang menjadi sumber penerangan untuk mengatasi kondisi saat malam hari.

Pastikan rem depan dan belakang bekerja dengan baik serta jangan lupa untuk melakukan pengecekan servis secara rutin agar kendaraan kalian selalu dalam keadaan yang maksimal.

Motocross, Bukan Sekadar Kebut-kebutanSource: motocrossactionmag.com

Alat Pendukung

Pengendara motocross wajib menggunakan perlengkapan motocross lengkap seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu, dan juga body protector, agar meminimalisir risiko cedera pada saat mengalami kecelakaan.

Toolkit set sepeda motor juga diperlukan jika terjadi kerusakan yang mendadak untuk memperbaiki sepeda motor.

Melakukan hobi ekstrem tentu tidak lengkap apabila momen tersebut tidak diabadikan. Kalian juga bisa menambahkan action camera seperti kamera GoPro di bagian helm atau motor untuk mendokumentasikan momen kalian.

Jadi, apakah kalian sudah siap untuk melakukan olahraga ekstrem ini?

You may also like

Leave a comment