Monday May 20, 2024 21:55
Featured

Olahraga Sultan, Berkuda Punya Segudang Manfaat

Olahraga Sultan, Berkuda Punya Segudang Manfaat

MATA LELAKI - Mungkin kita semua pernah melihat seseorang berkuda ketika berada di tempat wisata, peternakan, bahkan juga kebun binatang, tapi menunggangi kuda tidak hanya untuk bersenang-senang saja. Meski hanya bisa dilakukan oleh kalangan berada saja, olahraga berkuda ternyata masuk dalam salah satu olahraga yang banyak dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja? Berikut pembahasannya.

Mempertajam Penglihatan Mata

Olahraga Sultan, Berkuda Punya Segudang ManfaatSource: Wallpapers.com

Saat berkuda, penunggang harus untuk tetap fokus melihat ke depan karena pergerakan kuda yang begitu cepat. Dengan begitu penunggang kuda secara tidak langsung sudah melatih penglihatan mata untuk lebih cepat dan akurat. Agar lebih maksimal, sebaiknya penunggang kuda memakai kacamata khusus untuk olahraga berkuda.

Melatih Otot

Olahraga Sultan, Berkuda Punya Segudang ManfaatSource: detik.com

Gerakan yang dilakukan saat berkuda berguna untuk membantu otot lebih kuat dan lentur karena selalu mendapat tekanan. Selain melatih pada bagian otot inti, bagian paha dalam dan bagian otot pinggul juga dapat dibentuk dengan baik dan menjadi fleksibel. Alasannya adalah pada saat berkuda, penunggang harus memposisikan dirinya seperti jongkok, dan menyesuaikan irama kuda.

Memperkuat Tulang Sendi

Olahraga Sultan, Berkuda Punya Segudang ManfaatSource: genpi.com

Manfaat olahraga berkuda selanjutnya adalah membantu dalam memperkuat sendi, khususnya bagian tubuh atas dan bawah seperti lutut, tangan, dan bagian pinggul. Berkuda juga merupakan olahraga yang menggunakan sebagian besar fungsi sendi.

Membakar Kalori

Olahraga Sultan, Berkuda Punya Segudang ManfaatSource: pexels.com

Olahraga berkuda tidak seperti olahraga lari atau mendayung, karena ketika kalian berkuda, kudalah yang akan sebagian besar tugasnya. Meskipun demikian, menunggang kuda juga dapat membakar kalori dalam tubuh. Lakukan berkuda santai dalam waktu 30 menit dan itu akan membakar sekitar 360 kalori serta membantu pengencangan perut.

Menyehatkan Mental

Olahraga Sultan, Berkuda Punya Segudang Manfaat
Source: kompas.id

Selain meningkatkan kesehatan fisik dan memberikan energi bagi tubuh, berkuda juga punya manfaat lain, seperti meningkatkan suasana hati, atau mengurangi stres serta kecemasan. Tidak hanya itu saja, menunggang kuda sudah terbukti dapat membantu kepercayaan diri.

Jadi itulah beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan jika menyukai hobi berkuda ini. Apakah di antara kalian sudah mencoba dan merasakan manfaatnya?

You may also like

Leave a comment