Wednesday Feb 21, 2024 19:08
Featured

Mengenal Sejarah Bartender, Sang Ahli Meracik Minuman

Mengenal Sejarah Bartender, Sang Ahli Meracik Minuman

MATA LELAKI - Bartender adalah profesi seseorang yang bertugas untuk meracik dan menyajikan minuman yang biasanya bekerja di bar atau klub malam. Minuman yang diracik juga tidak harus yang memiliki kadar alkohol saja, bartender juga membuat minuman non-alkohol yang biasa disebut Mocktail.

Mengenal Sejarah Bartender, Sang Ahli Meracik MinumanSource : mixologynews.com

Profesi bartender ini ternyata memiliki sejarah yang panjang, yang menjadikannya salah satu profesi tertua di dunia. Pekerjaan ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 1400, yang mana para pemilik tempat penginapan dan tuan rumah sendirilah yang menyajikan minuman untuk para tamu, baik itu yang beralkohol maupun non-alkohol. Barulah pada tahun 1800-an, Jerry Thomas yang dikenal sebagai 'Bapak Mixology' menjadi populer karena racikan minuman cocktail yang ia buat di bar miliknya di New York City.

Mengenal Sejarah Bartender, Sang Ahli Meracik MinumanSource : afewcocktails.com

Thomas menulis buku tentang bartending yang diterbitkan pada tahun 1862 dengan judul 'How To Mix Drinks' atau disebut 'Bar-Tender Guide'. Bisa dibilang buku ini adalah buku minuman alkohol pertama, yang merangkum beberapa jenis dan racikan minuman cocktail klasik ala Thomas. Di era ini juga lahir berbagai jenis minuman seperti Martini, Manhattan, dan Daiquiri, yang masih bisa kita nikmati sampai saat ini. 

Pada abad 19-an, profesi bartender semakin diakui dengan diberikannya penghargaan atas kreativitas, keterampilan, dan perhatian mereka terhadap detail dalam menciptakan, membuat, dan menyajikan minuman. Hal ini membuat para pemilik bar atau klub malam melatih para calon bartender yang akan bekerja di tempat mereka.

Mengenal Sejarah Bartender, Sang Ahli Meracik MinumanSource : Pexels.com

Profesi bartender terlihat sangat menarik dan mengasyikkan, apalagi buat kalian pecinta minuman yang suka mencari informasi tentang minuman tersebut. Tapi ternyata menjadi bartender tidak semudah yang dibayangkan, karena harus memiliki skill tertentu yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Sedikit informasi tambahan buat kalian, yaitu soal perbedaan antara bartender dan mixologist. Bartender adalah orang yang bertugas menyajikan dan meracik sebuah minuman. Sedangkan, Mixologist lebih fokus untuk membuat racikan baru yang mengahasilkan rasa yang unik.

You may also like

Leave a comment