Wednesday May 29, 2024 12:37
Featured

Perkembangan Jaket Kulit dan Cara Merawatnya

Perkembangan Jaket Kulit dan Cara Merawatnya

MATA LELAKI - Bagi kalian pengguna sepeda motor atau pencinta kendaraan roda dua, pasti tidak lengkap apabila tidak menggunakan jaket kulit, agar menambah kesan macho dan sangar pada saat berkendara. Tidak hanya pengendara roda dua, jaket kulit juga sering banyak digunakan di dunia fashion yang tersedia dengan berbagai model dan gaya. 

Perkembangan Jaket Kulit dan Cara MerawatnyaSource : TCM.com

Pada saat Perang Dunia II tahun 1930-an, jaket kulit pertama kali digunakan oleh seorang penerbang dengan sebutan 'Flight Leather Jacket'. Jaket kulit ini digunakan untuk melindungi tubuh mereka dari cuaca yang ekstrem pada saat penerbangan. Sebelum itu pada tahun 1928, perusahaan Schott juga mengeluarkan produk jaket kulit mereka yang di sebut 'Perfecto' yang dibuat khusus untuk para pengendara sepeda motor.

Perkembangan Jaket Kulit dan Cara MerawatnyaSource : The Wild One - Imdb.com

Pada tahun 1950-an, jaket kulit menjadi semakin populer di kalangan pengendara sepeda motor, karena penampilan artis Hollywood Marlon Brando yang tampil modis dan mempesona pada film 'The Wild One'. Popularitas jaket kulit juga merambat ke kalangan musisi di era tersebut, mulai dari George Harrison hingga The Ramones. Hingga kini pengguna jaket kulit terus meningkat seiring perkembangan fashion dunia. Tapi tahukah kalian kalau jaket kulit mempunyai perawatan khusus agar tetap awet dan tidak berjamur? Simak penjelasan berikut.

Perkembangan Jaket Kulit dan Cara MerawatnyaSource: pexels.com

Masalah yang sering dialami pengguna jaket kulit adalah jaket terasa kaku dan berat, sehingga jadi kurang nyaman saat dikenakan. Penyebab utama dari masalah ini adalah karena jaket yang jarang digunakan, apalagi jika jaket kulit memiliki usia lebih dari dua tahun. Kalian bisa mengatasinya dengan memakainya setiap hari selama beberapa menit agar jaket tetap lemas dan lembut. Angkat lengan, tekuk siku, dan sesekali memutar lengan ke depan dan belakang agar menjaga kelenturannya.

Kalian juga bisa mengoleskan pelembut khusus jaket kulit. Oleskan pelembut ke bagian yang rentan kaku seperti bagian siku, leher, bahu, dan seluruh bagian depan ataupun belakang. Alternatif lain, kalian juga bisa menggunakan alkohol. Oleskan secara perlahan dengan menggunakan kapas, sampai bagian pada jaket kulit terlihat mengkilap. Alkohol juga membantu menghilangkan jamur yang melekat pada jaket kulit. Hindari menjemur jaket di bawah sinar matahari langsung yang akan membuat kulitnya mengelupas.

You may also like

Leave a comment