Friday Mar 01, 2024 13:55
Featured

Menelusuri Jejak Nama dan Lambang Zodiak

Menelusuri Jejak Nama dan Lambang Zodiak

MATA LELAKI - Apakah kalian termasuk orang yang percaya akan ramalan zodiak? Mungkin dari sebagian orang ada yang percaya pada ramalan zodiak dan sebagian menganggapnya sebagai seru-seruan saja. Namun terlepas dari kontroversi percaya atau tidaknya orang-orang, ternyata zodiak memiliki sejarah yang panjang. 

Menelusuri Jejak Nama dan Lambang ZodiakSource: hersey.co.uk

Zodiak sendiri diambil dari kata “Zodiakos kyklos” yang berarti lingkaran hewan. Zodiak menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi dua belas tanda perbintangan. Pada zaman dulu, ekliptika ini memang dibagi jadi dua belas bagian dan memiliki simbol berbagai nama dan lambang zodiak yang dikaitkan dengan hewan tertentu.

Sejarah awal zodiak datang dari bangsa Babilonia, yang mana pada akhir abad ke 5 SM, astronom Babilonia menyadari terdapat 13 buah rasi bintang yang terus bergantian sepanjang tahun. Namun karena tidak sesuai dengan kalender bangsa Babilonia, mereka kemudian membuang satu rasi bintang dan kemudian masing-masing dari rasi bintang tersebut diberi nama berdasarkan pada nama resep pengobatan untuk pasien yang sakit.

Menelusuri Jejak Nama dan Lambang ZodiakSource: lithub.com

Alasan menggunakan resep nama pengobatan tersebut dikarenakan pada zaman dulu resep pengobatan bangsa Babilonia yang berbeda-beda setiap bulannya. Contoh sederhananya misalkan kalian sakit di bulan Agustus berarti harus diberi obat A, tetapi kalau kalian sakit di bulan Januari, obatnya jadi G.

Berikut adalah urutan bulan dalam zodiak:

Menelusuri Jejak Nama dan Lambang Zodiak

  • Capricorn (22 Desember - 19 Januari): Capricorn adalah kambing laut, makhluk mitos yang dikatakan kambing dan setengah ikan.
  • Aquarius (20 Januari - 18 Februari): Garis berlekuk-lekuk dari simbol Aquarius dikatakan mewakili air.
  • Pisces (19 Februari - 20 Maret): Lambang zodiak Pisces adalah dua ikan yang diikat dengan tali dan berenang ke arah yang berlawanan.
  • Aries (21 Maret - 19 April): Lambang zodiak Aries mewakili kepala domba jantan.
  • Taurus (20 April - 20 Mei): Lingkaran dengan tanduk simbol Taurus dikatakan mewakili kepala banteng.
  • Gemini (21 Mei - 20 Juni): Lambang zodiak Gemini adalah angka Romawi untuk angka dua, melambangkan kembaran Gemini (dua orang).
  • Cancer (21 Juni - 22 Juli): Angka 6 dan/atau 9 yang menyamping dari simbol Cancer dianggap mewakili cakar kepiting.
  • Leo (23 Juli - 22 Agustus): Lambang zodiak Leo adalah si raja hutan, singa.
  • Virgo (23 Agustus - 22 September): Lambang zodiak virgo adalah perempuan.
  • Libra (23 September - 22 Oktober): Lambang zodiak Libra adalah timbangan yang menggambarkan matahari terbenam atau sepasang sisik.
  • Scorpio (23 Oktober - 21 November): Kalajengking adalah lambang zodiak Scorpio.
  • Sagittarius (22 November - 21 Desember): Pemanah adalah lambang zodiak Sagitarius.

Itulah sekilas tentang asal-usul zodiak. Masing-masing dari zodiak juga memiliki cerita yang berbeda-beda. Apakah kalian percaya dengan ramalan zodiak atau hanya untuk sekadar hiburan saja?

You may also like

Leave a comment