Sunday Apr 28, 2024 15:46
Featured

Fetish, Hobi atau Kelainan?

Fetish, Hobi atau Kelainan?

MATA LELAKI - Fetish adalah kelainan kejiwaan saat seseorang merespons objek atau bagian tubuh yang biasanya tidak bersifat seksual. Istilah fetish ini sendiri diambil dari bahasa Portugis, yaitu 'Feitico' yang berarti 'daya tarik obsesif'.

Seseorang dapat memperoleh kepuasan seksualnya hanya dengan menggunakan objek atau pada bagian tubuh tertentu. Jika fetish tersebut tidak terpenuhi, orang tersebut akan sulit untuk terangsang secara seksual, mendapatkan ereksi, dan mengalami orgasme.

Fetish, Hobi atau Kelainan?Source: pexels.com

Hampir setiap orang memiliki fantasi seksualnya masing-masing, hanya saja hal ini tidak disadari sejak awal apakah ia punya kecenderungan untuk merugikan diri sendiri maupun orang lain. Beberapa kasus fetish merupakan hal yang biasa dan tidak berbahaya, namun akan dianggap sebagai gangguan apabila menyebabkan penderitaan dan juga mengganggu kehidupan sehari-hari.

Fetish, Hobi atau Kelainan?Source: pexels.com

Penyebab

Belum ada yang bisa memastikan apa penyebab dari seseorang dapat mengalami fetish. Tetapi jika dibandingkan dengan wanita, jumlah lelaki yang memiliki fetish lebih banyak. Ahli teori menyebutkan bahwa fetish terbentuk dari pengalaman masa kecil hingga beranjak ke masa remaja saat mengalami masturbasi atau pubertas. Kelainan seksual ini juga bisa terjadi karena beberapa pemicu, seperti:

  • Sulit mengekspresikan perasaannya pada seseorang.
  • Kesulitan dalam menyampaikan keinginannya untuk berhubungan seksual pada orang lain.
  • Mengalami trauma masa kecil, seperti pelecehan seksual dari orang lain yang menyebabkan dirinya sulit untuk bergairah kembali.
  • Melakukan aktivitas seksual yang menyenangkan terhadap objek tertentu sehingga menjadi candu dan dilakukan secara berulang hingga sulit berhenti.

Fetish, Hobi atau Kelainan?Source: pexels.com

Cara mengatasi

Kelainan seksual dapat diatasi dengan pengobatan dan terapi yang biasanya mengobati gejala, seperti kecemasan, rasa malu, dan masalah hubungan. Adapun jenis-jenis psikoterapi umumnya meliputi:

  • Cognitive behavioral therapy (CBT)
  • Acceptance and commitment therapy (ACT)
  • Psikoterapi psikodinamik

Perilaku seksual menyimpang ini akan berdampak sangat besar dalam hidup kalian jika dihiraukan begitu saja. Bahkan, perilaku seksual yang menyimpang dapat meningkatkan risiko kalian mengalami masalah mental lain yang lebih serius.

Itulah pembahasan tentang fetish, kalau kalian sendiri apakah punya fetish?

You may also like

Leave a comment