Tuesday Jun 25, 2024 06:33
Featured

Mengenal Lebih Dalam Kerajinan Tanah Liat

Mengenal Lebih Dalam Kerajinan Tanah Liat

MATA LELAKI -  Kerajinan tanah liat adalah sebuah karya yang terbuat dari tanah liat dan membutuhkan proses panjang dengan keterampilan tangan. Di Indonesia sendiri kerajinan tanah liat bukanlah hal yang sulit ditemukan. Banyak hasil kerajinan tanah liat yang digunakan sebagai hiasan rumah maupun barang lainnya yang memiliki nilai jual tersendiri.

Mengenal Lebih Dalam Kerajinan Tanah LiatSource: pexels.com

Selain menghasilkan kerajinan yang bernilai tinggi, ternyata tanah liat memiliki manfaat lain, seperti:

  1. Bermanfaat untuk kesehatan, hal ini dikarenakan tanah liat memiliki zat sponge yang dapat menyerap racun pada tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit perut. Tak hanya itu, tanah liat juga mengandung zat besi dan zat zink yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit pada luka-luka ringan.
  2. Bermanfaat dalam hal kecantikan, beberapa tempat memanfaatkan tanah liat sebagai bahan alami untuk kecantikan wajah. Hal tersebut dipercaya mampu untuk mengencangkan dan memuluskan kulit.

Mengenal Lebih Dalam Kerajinan Tanah LiatSource: pexels.com

Tanah liat juga memiliki beberapa jenis yang bisa ditemukan di sekitar kita, yang juga bisa digunakan untuk membuat kerajinan, sebagai berikut:

  • Earthenware, jenis tanah liat ini adalah jenis yang paling banyak digunakan para pengrajin. Memiliki kandungan zat besi dan mineral yang tinggi membuat jenis tanah liat yang satu ini menjadi golongan tanah liat dengan kualitas terbaik. Kelebihan lainnya adalah jenis Earthenware bisa ditemukan dengan berbagai warna, seperti putih, abu-abu, coklat, jingga, dan merah.
  • Kaolin Clays, tanah liat dengan jenis ini mengandung mineral murni yang banyak digunakan untuk membuat porselen. Kaolin Clays memiliki warna yang terang dan tidak terlalu lentur, sehingga tanah liat jenis ini cukup sulit untuk dibentuk. Beberapa pengrajin porselen mencampurkan Ball Clay dan Kaolin Clays untuk menghasilkan porselen yang terbaik.

    Mengenal Lebih Dalam Kerajinan Tanah LiatSource: pexels.com

    • Ball Clay, jenis yang satu ini biasanya digunakan sebagai campuran, karena kandungan mineralnya yang sedikit dan berwarna abu-abu serta memiliki tekstur yang bisa menjadi sangat lentur.
    • Fire Clays, tanah liat ini tidak banyak mengandung mineral, namun tanah liat yang dibakar masih memiliki kandungan partikel bijih besi di dalamnya. Biasanya jenis tanah liat yang satu ini digunakan untuk pembuatan tembikar dan sebagai alat pelindung pintu.
    • Stoneware Clays, tanah liat dengan jenis tersebut memiliki sifat elastis. Bewarna abu-abu terang, biasanya warna pada jenis tanah liat ini akan berubah menjadi abu-abu netral ketika tekstur tanah liat menjadi sedikit lebih lembab. Di sisi lainnya, tanah liat stoneware ini bersifat kasar dan mengandung banyak partikel butiran pasir.

    Bagi kalian yang ingin mencoba membuat kerajinan dengan menggunakan tanah liat, kalian bisa membuat hiasan seperti kendi, guci, patung hias, peralatan makan dan minum. Apakah kalian tertarik untuk mencoba kerajinan tanah liat?

    You may also like

    Leave a comment