Sunday Sep 24, 2023 14:43
Featured

Mengenal Teknik Panjat Tebing untuk Pemula

Mengenal Teknik Panjat Tebing untuk Pemula

MATA LELAKI - Olahraga panjat tebing atau Climbing adalah olahraga yang biasanya dilakukan di alam bebas yang masih berkaitan dengan mendaki, jika salah jalan menuju puncak tidak bisa dilewati dengan jalan kaki. Tidak hanya memacu adrenalin, ternyata olaharaga panjat tebing punya beberapa manfaat seperti bisa mengurangi stres dan meningkatkan stamina.Mengenal Teknik Panjat Tebing untuk PemulaSource: pexels.com

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Universitas Erlangen-Nuremberg melakukan sebuah studi dengan meneliti pengidap depresi yang melalukan panjat tebing seminggu sekali. Hasilnya, terlihat adanya efek positif panjat tebing dalam pengobatan depresi setelah melakukannya selama 8 minggu.

Mengenal Teknik Panjat Tebing untuk PemulaSource: pexels.com

Sebagai pemula kalian harus belajar teknik-teknik memanjat terlebih dahulu, yang bisa kalian coba di wall climbing dengan pengaman yang lengkap. Menggunakan alat-alat yang memadai juga salah satu hal yang wajib untuk memastikan keselamatan kalian. Berikut ini adalah teknik yang harus kalian pahami sebelum memulai olahraga panjat tebing.

  • Gerak kaki, Edging dan Smearing adalah dua istilah yang menggambarkan teknik gerak kaki utama. Edging merupakan teknik menginjak dengan sisi bagian dalam atau luar dari sepatu panjat, sementara Smearing adalah pijakan kaki yang menempatkan ujung karet sepatu panjat (bagian jari-jari kaki) pada dinding panjat agar bisa mendorong tubuh untuk naik. Teknik Smearing ini sangat optimal apabila kalian menemukan tebing yang kurang dari 90 derajat. 
  • Merayap, teknik ini mengandalkan gaya gesekan antara permukaan batu dan karet sepatu sebagai penumpu. Teknik ini dilalukan pada permukaan tebing yang tidak terlalu vertikal. Pembebanan maksimal di atas kaki akan memberikan gaya gesek yang baik, sehingga akan lebih mudah untuk memanjat tebing.
  • Pegangan Tangan, ada banyak teknik pegangan dalam panjat tebing. Salah satu teknik yang paling banyak ditemui saat memanjat adalah Crimp. Teknik ini dipakai pada saat pegangan mengarah atas dengan empat jari dan ibu jari yang berfungsi sebagai pengunci. Crimp sendiri terbagi dalam 3 macam yaitu Open Crimp, Close Crimp, dan Half Crimp. Yang membedakan dari ketiganya adalah penempatan pada ibu jari.
  • Mantelshelving, ketika seorang pendaki mendapatkan langkah datar, kedua tangan digunakan untuk menarik badan yang dibantu dengan pergerakan kaki. Teknik yang satu ini sering digunakan pada saat memanjat puncak rute.

Mengenal Teknik Panjat Tebing untuk PemulaSource: pexels.com

Itulah teknik dasar yang perlu kalian ketahui untuk memulai olahraga panjat tebing. Harap menggunakan peralatan lengkap dan dipantau oleh seseorang yang memiliki pengalaman di bidang olaharaga panjat tebing agar aman selalu.

You may also like

Leave a comment