Friday Mar 01, 2024 14:31
Featured

Sepak Terjang Bowling, Permainan Kuno Tak Lekang Zaman

Sepak Terjang Bowling, Permainan Kuno Tak Lekang Zaman

MATA LELAKI - Bowling adalah sebuah permainan menggelindingkan bola dengan satu tangan ke jalur panjang dari batas yang sudah ditentukan, untuk menjatuhkan beberapa pin yang disusun berbentuk segitiga. Biasanya ada 10 buah pin, yang apabila bisa menjatuhkan semua pin tersebut dalam sekali lemparan akan disebut strike.

Sepak Terjang Bowling, Permainan Kuno Tak Lekang ZamanSource: bowlingfix.com

Permainan ini disebut sebagai salah satu permainan tertua di dunia karena sudah ada sejak zaman Mesir kuno 5.000 tahun yang lalu. Sir Flinders Petrie, seorang antropolog asal Inggris menemukan koleksi benda di kuburan seorang pemuda Mesir yang diduga merupakan peralatan bowling pada zaman dulu.

Hal ini diperkuat oleh penemuan sebuah ruangan yang memiliki lantai batu kapur halus dan dua bola batu yang berasal dari Mesir dan Romawi pada abad kedua dan ketiga, yang mungkin saja adalah sebuah arena bowling pertama yang diketahui dalam sejarah.

Sepak Terjang Bowling, Permainan Kuno Tak Lekang ZamanSource: thegamebeyond.com

Pada tahun 1600-an, orang-orang Belanda yang pada saat itu menjadi pendatang di Amerika mempopulerkan permainan yang satu ini. Sebelum terkenal dengan nama bowling, permainan ini dikernal dengan "Dutch pin". Tidak hanya di kedua negara tersebut, Jerman juga punya permainan mirip dengan bowling, yang menggunakan bola dan 9 buah tongkat kayu yang disebut "keglers".

Pada abad ke 20-an bola pada permainan bowling biasanya terbuat dari lignum vitae, kayu yang sangat padat dan keras. Tetapi kekuatan dari bahan itu tidak tahan lama, yang membuat bola bowling rawan rusak. Beberapa pemain mencoba untuk mengakali hal ini dengan cara mengebor bola tersebut yang kemudian mengisinya dengan timah agar menghasilkan bola yang melengkung tajam atau biasa disebut "bola dodo".

Sepak Terjang Bowling, Permainan Kuno Tak Lekang ZamanSource: newsnationnow.com

Barulah pada tahun 1905 bola karet padat yang terbuat dari mineralit pertama kali dikenalkan. Brunswick, pembuat bola mengatakan bahwa bola tersebut mampu meredam suara bising pada saat bola dilemparkan ke jalur. Bola yang disebut "Evertrue" ini menjadi populer dan diproduksi massal pada tahun 1914.

Indonesia sendiri mengenal olahraga bowling di tahun 1970, yang mana sejak 1983 Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi saat itu Achmad Thahir, secara resmi mengenalkan istilah bowling sebagai "bola gelinding". Hingga kini bowling menjadi olahraga yang bisa dimainkan siapa saja di Indonesia.

You may also like

Leave a comment