Tuesday Apr 23, 2024 14:38
Featured

Hilangkan Kantuk dengan Power Nap

Hilangkan Kantuk dengan Power Nap

MATA LELAKI - Rasa kantuk sering kali membuat kita tidak bisa fokus pada sebuah aktivitas. Apalagi jika rasa kantuk itu datang pada saat yang tak diinginkan, contohnya seperti saat bekerja di kantor atau di jam istirahat yang sudah mepet. Sudah coba untuk minum kopi tapi tetap masih mengantuk? Kalian harus coba power nap, tidur siang singkat yang membuat segar.

Hilangkan Kantuk dengan Power NapSource: pexels.com

Tidur siang memiliki beberapa istilah yang terbagi dari berapa lama kalian tertidur, seperti berikut ini.

  • Nano nap tidur siang selama 2 - 5 menit.
  • Mini nap adalah tidur siang selama 5 - 20 menit.
  • Power nap adalah tidur siang selama 20 - 30 menit.
  • Lazy man’s nap adalah tidur siang selama 50 - 90  menit.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, power nap adalah tidur siang singkat 20 hingga 30 menit yang menghilangkan rasa kantuk di tengah padatnya aktivitas kalian. Walaupun terkadang banyak orang yang memilih meminum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk, tetapi kafein dapat menurunkan kinerja memori yang membuat seseorang merasa lebih semangat, namun cenderung membuat lebih banyak kesalahan.

Hilangkan Kantuk dengan Power NapSource: pexels.com

Sebuah studi menunjukkan bahwa power nap bisa meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, dan kreativitas. Tidak hanya itu power nap juga memiliki manfaat lain seperti:

  • Meningkatkan kapasitas untuk belajar.
  • Menjaga stamina sepanjang hari.
  • Mengurangi stres dan menjaga suasana hati.
  • Mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung.
  • Mengurangi risiko membuat kesalahan dalam pekerjaan.

Hilangkan Kantuk dengan Power NapSource: pexels.com

Kalau ingin mendapatkan tidur siang yang berkualitas, kalian harus memperhatikan waktu luang yang kalian miliki agar dapat menentukan durasi dari tidur siang kalian. Disarankan untuk tidak tidur lebih dari 30 menit. Jika dilakukan dengan benar power nap mampu memberikan dampak yang baik terhadap kesehatan secara fisik dan juga mental. Sebaliknya jika tidak dilakukan dengan benar, seperti tidur siang lebih dari 45 menit sampai 90 menit dan tidak teratur, akan mengakibatkan kelelahan dan kebingungan setelah bangun.

Power nap digunakan untuk meningkatkan produktivitas bagi pekerjaan, jangan kebablasan atau bahkan dijadikan alasan untuk menunda pekerjaan.

You may also like

Leave a comment