Friday Mar 01, 2024 14:55
Featured

Parkour, Seni Melompat dengan Segudang Manfaat

Parkour, Seni Melompat dengan Segudang Manfaat

MATA LELAKI - Parkour adalah sebuah olahraga ekstrem yang memiliki tujuan untuk melewati rintangan dengan efisien dan secepat-cepatnya, menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. Parkour diambil dari kata bahasa Prancis "l'art du d├ęplacement" yang berarti seni gerak.

Rintangan pada olahraga ini bisa dimana saja, mulai dari lingkungan sekitar, cabang-cabang pohon dan batu-batuan hingga pegangan tangan dan tembok beton yang bisa dilatih di desa dan di kota. Tentu saja, untuk melakukan olahraga ini memerlukan latihan dasar, seperti melompat, memanjat, berlari, dan melintasi rintangan agar mampu mengontrol tubuhnya dengan baik dan tidak terjatuh. Kira-kira apa saja manfaat dari olahraga yang satu ini?

Parkour, Seni Melompat dengan Segudang ManfaatSource: pexels.com

Dikutip dari Collins Dictionary, parkour didefinisikan sebagai aktivitas berlari atau bergerak melalui area di kota menggunakan gerakan terampil untuk melompati tembok dan benda lainnya. 

Dengan melakukan olahraga parkour otot-otot akan terlatih saat melakukan aktivitas ini, mulai dari otot kaki yang dipakai untuk berlari dan otot tangan saat memanjat. Selain membangun kekuatan otot di seluruh tubuh, ternyata olahraga parkour memiliki manfaat lainnya.

Parkour, Seni Melompat dengan Segudang ManfaatSource: pexels.com

Meningkatkan daya tahan

Olahraga ini dilakukan dengan cepat tanpa adanya jeda istirahat, serta harus mengeluarkan seluruh tenaga untuk sampai ke tujuan. Jika olahraga parkour ini dilakukan dengan rutin bisa membantu meningkatkan stamina tubuh yang akan menimbulkan dampak positif pada tubuh, seperti tidak mudah lelah, peningkatan kinerja dan lebih energik di pagi hari.

Menguatkan tulang

Beberapa gerakan parkour seperti quadrupedal dan vaults ternyata bisa membantu menguatkan tulang. Hal ini dikarenakan gerakan vaults memberikan efek seperti latihan menahan beban, yang meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Melatih ketahanan jantung dan paru-paru

Olahraga parkour menuntut organ jantung dan paru-paru bekerja ekstra. Menurut Open Sports Sciences Journal, olahraga ini mampu meningkatkan kebugaran dan kekuatan jantung serta paru-paru dengan meningkatkan suplai oksigen dalam tubuh.

Parkour, Seni Melompat dengan Segudang ManfaatSource: pexels.com

Membentuk postur tubuh menjadi lebih baik

Gerakan pada olahraga ini diharapkan mampu memperbaiki postur tubuh, membuat bahu menjadi tegak, meluruskan punggung, tungkai tangan dan kaki yang lincah, gerakan lebih stabil, dan tidak mudah lelah saat beraktivitas sehari-hari.

Melatih fokus

Pada saat melakukan olahraga ini, secara tidak sadar tubuh kita akan dilatih untuk fokus dalam melakukan gerakan dan juga memilih jalur yang aman dilewati. Peningkatan fokus ini tentunya berguna untuk kehidupan sehari-hari, seperti belajar dan bekerja.

Itulah beberapa manfaat dari olahraga parkour. Apakah kalian termasuk salah orang yang suka dengan olahraga ini?

You may also like

Leave a comment