Tuesday Apr 23, 2024 14:03
Featured

Gula, Si Manis yang Berbahaya

Gula, Si Manis yang Berbahaya

MATA LELAKI - Makanan dan minuman dengan rasa yang manis memang menjadi favorit di kalangan masyarakat. Terlebih lagi dari tampilannya yang menarik dan mengunggah selerah. Tapi tahukah kalian berapa kadar gula yang terkandung dalam makanan dan minuman tersebut? Apakah memenuhi kadar gula yang diperlukan tubuh kita atau malah lebih? 

Gula adalah salah satu bahan makanan yang sering kita gunakan sehari-hari, saat ingin membuat kopi, sarapan maupun cemilan-cemilan manis yang mengandung gula yang dikonsumsi pada saat bersantai malam hari. Tapi tahukah kalian mengonsumsi gula secara berlebihan bisa mengakibatkan kadar gula meningkat? Lantas apa saja tanda dan akibat lain dari kebanyakan makan gula bagi kesehatan? Simak penjelasan berikut.

Kebanyakan Gula

Gula, Si Manis yang BerbahayaSource: pexels.com

Cepat lapar, hal ini karena gula tidak seperti makanan makan banyak serat dan protein. Apalagi jika terlalu banyak mengonsumsi gula buatan yang akan mengacaukan metabolisme dengan mematikan sistem pengendali nafsu makan.

Cepat lelah, jika kalian merasa cepat lelah bisa jadi kalian kebanyakan makan dan minum-minuman yang mengandung gula. Tingginya kadar gula dalam darah dan insulin menyebabkan tingkat energi menurun yang mempengaruhi tingkat energi secara keseluruhan.

Gula, Si Manis yang BerbahayaSource: pexels.com

Masalah tidur, kesulitan tidur atau mudah tertidur bisa menjadi salah satu tanda tubuh kalian kelebihan gula. Hal ini dikarenakan mengonsumsi gula berlebihan membuat tubuh kita memiliki energi yang tidak seimbang.

Selalu ingin makan manis, hal ini lantaran efek gula membuat otak merasa nyaman. Gula meningkatkan hormon dopamin yang membuat bahagia, meningkatnya dopamin inilah yang membuat seseorang ingin mengonsumsi gula terus menerus.

Selain itu karena sudah terbiasa mengonsumsi gula berlebih, para penikmat gula selalu merasa bahwa  makanan yang lainnya kurang terasa manis.

Gula, Si Manis yang BerbahayaSumber: pixabay.com

Menurut American Heart Association (AHA) kebutuhan gula per hari sekitar 100 kalori atau sekitar 6 sendok teh. Sedangkan untuk anak usia 2-18 kurang dari 6 sendok teh atau 24 gram per hari. 

Jika dalam satu kaleng minuman yang mengandung soda sebanyak 12 ons, maka itu sama dengan 140 kalori dari gula itu. Sedangkan dalam makanan ringan dengan ukuran biasa ada sekitar 120 kalori sendiri dari gula.

Mengonsumsi gula berlebihan juga menimbulkan dampak negatif dan penyakit lainnya seperti obesitas, karies gigi, perlemakan hati, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan hipertensi.

Apakah kalian termasuk pengonsumsi gula yang berlebihan? Kalau iya maka kalian harus memperhatikan konsumsi gula harian kalian mulai sekarang.

You may also like

Leave a comment