Friday Mar 01, 2024 15:31
Featured

Coping Mechanism, Cara Ampuh Redam Emosi

Coping Mechanism, Cara Ampuh Redam Emosi

MATA LELAKI - Emosi sudah menjadi bagian dari kita, karena memang manusia diciptakan dengan berbagai emosi. Masalahnya, ada beberapa orang yang tak mampu mengatur atau meredam emosinya. Ternyata, hal ini bisa diatasi dengan Coping Mechanism. Apakah yang dimaksud Coping Mechanism? 

Menurut Good Therapy, coping mechanism atau mekanisme koping adalah strategi yang digunakan seseorang ketika dihadapkan pada situasi sulit untuk membantu mereka mengatur emosinya. Coping mechanism dapat menjaga kesehatan emosional dengan cara menyesuaikan diri pada saat situasi sulit yang menyebabkan stres.

Coping Mechanism, Cara Ampuh Redam EmosiSource : 1146.carbyecue.live

Kalian bisa mengurangi tekanan emosional dan dengan mudah beradaptasi akan perubahan yang terjadi dalam hidup dengan memahami coping mechanism. Bukan untuk mengabaikan ataupun menghindari masalah yang sedang terjadi, coping mechanism membantu untuk mengontrol dan mengenali sumber stres dan mengambil langkah yang tepat untuk memperbaiki situasi.

Coping Mechanism, Cara Ampuh Redam EmosiSource: mantracare.org

Menurut studi oleh Holahan dan Moos, coping mechanism terbagi jadi beberapa jenis, yang dijabarkan Berkeley Well-Being Institute sebagai berikut.

  • Active coping, strategi manajemen stres di mana seseorang secara langsung bekerja untuk mengendalikan pemicu stres melalui perilaku yang ditargetkan secara tepat, merangkul tanggung jawab untuk menyelesaikan situasi dengan menggunakan sumber daya internal yang tersedia.
  • Voidance Coping, adalah suatu coping yang maladaptif, dimana seseorang mengubah perilaku mereka untuk menghindar dari memikirkan, merasakan, atau melakukan hal yang sulit baginya.

Coping Mechanism, Cara Ampuh Redam EmosiSource: pexels.com

Tips yang bisa kalian lakukan agar menemukan coping mechanism yang tepat dengan melakukan refleksi diri ketika dihadapkan pada situasi yang membuat kalian stres. Misalnya, melakukan hobi adalah salah satu yang paling efektif agar pikiran menjadi rileks setelah hari-hari yang sulit di kantor.

Pada dasarnya memiliki dan memahami coping mechanism merupakan hal yang baik karena membantu kalian dalam menghadapi situasi sulit secara efektif. Sudahkah kalian melakukan coping mechanism ini?

You may also like

Leave a comment