Wednesday May 01, 2024 13:27
Featured

Konsumsi Ini untuk Menyehatkan Pencernaan

Konsumsi Ini untuk Menyehatkan Pencernaan

MATA LELAKI - Salah satu penyakit yang membuat pencernaan kalian terhambat adalah sembelit. Biasanya sembelit diakibatkan oleh pencernaan yang tidak lancar sehingga makanan yang ada di perut kalian perlu waktu lebih lama untuk dapat dicerna. Penyebab lainnya yang mengakibatkan sembelit di antaranya adalah kurang minum air.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, pencernaan tidak lancar dapat dicegah dengan hal-hal sederhana tanpa harus mengonsumsi obat. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat kalian konsumsi yang membuat pencernaan kalian lancar.

1. Buah pir

Konsumsi Ini untuk Menyehatkan PencernaanSource: disway.id

Buah pir adalah buah yang kaya akan serat, karena itulah buah pir bisa membantu mencegah gangguan pencernaan dan menjaga kesehatan usus kalian. Tidak hanya itu saja, buah pir merupakan pilihan yang benar untuk kalian yang ingin menjaga berat badan agar menjadi sehat.

2. Air lemon

Konsumsi Ini untuk Menyehatkan PencernaanSource: detikfood

Selain buah pir, air lemon juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Jika kalian ingin mengonsumsi minuman yang satu ini, pastikan air lemon ini dalam kondisi hangat, karena sangat baik dalam membersihkan liver dan membuang parasit.

Kandungan dalam buah lemon sendiri dapat meningkatkan gerakan peristaltik di dalam perut dan membantu buang air besar secara teratur. Dengan minum air lemon secara rutin, maka dapat menghilangkan kotoran di dalam perut secara lebih tepat.

3. Kopi

Konsumsi Ini untuk Menyehatkan PencernaanSource: 1freewallpapers.com

Mungkin beberapa dari kalian mengenal kopi sebagai minuman pemicu asam lambung yang patut dihindari. Fakta kopi tersebut memang benar, tetapi ternyata minuman berkafein ini bisa membantu kalian melancarkan pencernaan.

Kopi mengandung senyawa kimia yang dapat merangsang kontraksi otot di usus besar. Ini mirip dengan kontraksi perut yang terjadi setelah makan yang membantu mendorong limbah lebih cepat. Di sisi lain kopi dapat memicu pelepasan gastrin, yaitu hormon yang dihasilkan oleh perut dan bisa meningkatkan pergerakan usus.

4. Air Jahe

Konsumsi Ini untuk Menyehatkan Pencernaan
Source: tehsariwangi

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2020, di jurnal Nutrients menunjukkan bahwa jahe dapat membantu pencernaan dengan mendorong fungsi dan pengosongan lambung, menstabilkan motilitas lambung secara keseluruhan sehingga tidak terlalu aktif atau kurang aktif.

5. Air putih

Konsumsi Ini untuk Menyehatkan PencernaanSource: astronauts.id

Kekurangan cairan pada tubuh atau dehidrasi dapat menyebabkan sembelit. Ketika tubuh kekurangan cairan, sisa makanan yang keluar dari usus besar menjadi kering dan sulit dikeluarkan. Hidrasi yang tepat adalah dengan mengonsumsi 8 gelas air putih per hari.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat pencernaan kalian tetap sehat. Sudahkah kalian mengonsumsi salah satunya?

You may also like

Leave a comment