Monday May 20, 2024 21:50
Featured

Catur, Permainan Papan Penuh Strategi

Catur, Permainan Papan Penuh Strategi

MATA LELAKI - Catur adalah permainan papan strategi yang paling populer dan tertua di dunia. Catur sendiri dimainkan oleh dua orang pada sebuah papan kotak-kotak yang terdiri dari 64 kotak, yang disusun dalam petak 8x8 dan terbagi rata dalam kelompok warna putih dan hitam.

Catur, Permainan Papan Penuh StrategiSource : lecafedelaregence.blogspot.com

Beberapa sumber meyakini bahwa catur adalah permainan asal India bagian utara, yang kemudian meluas ke Persia hingga Asia. Penamaannya sendiri diambil dari kata Chaturanga sekitar abad ke-7. Ketika memainkan catur, biasanya orang-orang Persia menggunakan istilah 'Shah' yang berarti raja, dan 'Shah Mat' yang berarti raja sudah mati. Istilah tersebut mirip dengan istilah yang digunakan pada permainan catur saat ini, 'Checkmate' yang berarti 'skakmat' dalam bahasa Indonesia.

Catur, Permainan Papan Penuh StrategiSource: stock.adobe.com

Beberapa sumber lainnya menyebutkan bahwa sebelum ditemukan di India, catur sudah lebih dulu  dimainkan di Tiongkok dengan sebutan XianQi yang berarti permainan gajah. Permainan ini ditemukan sekitar tahun 200 sebelum masehi (SM) oleh seorang komandan bernama Han Xin. Permainan ini sempat menghilang dan kembali ditemukan pada abad ke-7 dengan sejumlah aturan baru, yang kemudian menyebar k eseluruh dunia karena dibawa oleh orang-orang Tionghoa yang berimigrasi ke Asia Timur, Eropa melalui Persia, hingga Arab dan Afrika.

Asal-usul catur masih menjadi perdebatan hingga saat ini, karena usia permainan yang satu ini sangat tua, membuat asal-usulnya sangat sulit ditentukan dengan akurat.

Sejarah Catur Modern

Catur, Permainan Papan Penuh Strategi

Source: en.chessbase.com

Permainan catur mulai mengalami perkembangan mulai dari nama, bentuk, dan juga peraturan permainannya. Catur mulai dimainkan di atas papan berwarna hitam dan putih, dengan peraturan pion yang boleh maju dua kotak pada langkah pertama, serta mentri yang dapat bergerak lebih leluasa.

Pada abad ke-15, peraturan dan teori permainan catur mulai dibukukan. Buku yang ditulis oleh Luis Ramires de Lecuna ini berjudul 'Repeticion de amores y Arte de Ajedrez', dan berisi tentang teori-teori serta peraturan permainan catur.

Turnamen dan kejuaraan dunia catur digelar pertama kali pada tahun 1886. Nama Wilhelm Steinitz, seorang pecatur profesional, berhasil menjadi juara catur dunia resmi pertama yang digelar kala itu.

You may also like

Leave a comment