Tuesday Apr 23, 2024 14:44
Featured

Scuba Diving, Penuh Risiko Tapi Menyenangkan

Scuba Diving, Penuh Risiko Tapi Menyenangkan

MATA LELAKI - Menyelam adalah olahraga yang menyenangkan, sekaligus penuh dengan resiko. Tak heran, jika ingin menyelam, dibutuhkan sebuah sertifikat khusus yang menandakan bahwa kita sudah siap untuk menyelam. Untuk bisa menikmati keindahan bawah air dengan aman dan nyaman, seorang penyelam harus memahami prosedur dan teknik dasar dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan scuba diving.

Perlengkapan menyelam

Scuba Diving, Penuh Risiko Tapi Menyenangkan
Source: projectvacation.com

Untuk prosudur yang pertama, pastikan semua komponen peralatan selam kalian dalam kondisi baik dan tidak rusak. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kecelakaan yang terjadi di bawah laut.
Jika kalian menemukan beberapa alat yang tidak berfungsi atau rusak, sebaiknya kalian segera memberi tahu kepada instruktur.
Peralatan scuba yang rusak jelas tidak boleh digunakan dalam scuba diving karena bisa membahayakan.

Jangan tahan napas

Scuba Diving, Penuh Risiko Tapi Menyenangkan
Source: pixabay.com

Setelah memeriksa semua perlengkapan selam, kalian bisa mulai menyelam. Saat menyelam, alangkah baiknya kalian tidak menahan napas di bawah air, karena banyak orang secara naluriah melakukannya. Kalian tidak perlu melakukannya karena sudah dibantu dengan tabung oksigen, sehingga kalian masih bisa bernapas di dalam air. Seorang penyelam berpengalaman pun akan mendapatkan masalah jika menahan napas di bawah air, padahal sudah memakai tabung oksigen.

Cek kondisi fisik

Scuba Diving, Penuh Risiko Tapi MenyenangkanSource: pixabay.com

Olahraga memang baik kesehatan, tapi jika kondisi badan kalian sedang kurang sehat atau sakit seperti demam atau pilek, jangan pernah mencoba untuk menyelam. Banyak orang sering mengabaikan gejalanya dan akhirnya melakukan scuba diving, tetapi ini adalah hal yang sangat berbahaya untuk dilakukan karena dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti misalnya pecahnya gendang telinga.

Didampingi instruktur

Scuba Diving, Penuh Risiko Tapi MenyenangkanSource: pixabay.com

Jika kalian baru baru saja mengenal scuba diving, hal lain yang sangat penting adalah jangan pernah menyelam sendirian. Jika kalian bukan penyelam berpengalaman, mungkin ada masalah yang tidak bisa kalian atasi sendiri. Jadi saat menyelam kalian harus didampingi dengan instruktur atau yang sudah berpengalaman.

Waktu menyelam

Scuba Diving, Penuh Risiko Tapi MenyenangkanSource: shamanduradiving.com

Hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah waktu menyelam. Saat waktu sudah menuju malam,  sebaiknya jangan melakukan penyelaman tanpa pelatihan yang rutin karena bisa sangat berbahaya. Kemungkinan kalian bisa tersesat dalam kegelapan jika tidak dilengkapi dengan peralatan navigasi yang memadai.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan scuba diving. Sudahkah kalian persiapkan semuanya?

You may also like

Leave a comment