Thursday Jun 01, 2023 22:40
Featured

Media Sosial, Baik atau Buruk?

Media Sosial, Baik atau Buruk?

MATA LELAKI - Media sosial menjadi salah satu platform digital yang digunakan orang untuk berinteraksi ataupun sekadar membagikan momen lewat tulisan, foto, dan video. Seiring perkembangan zaman, media sosial memiliki dampak positif dan negatif untuk para penggunanya dalam kehidupan sehari-hari. Apa sajakah dampak positif dan negatif tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Dampak Positif

Media Sosial, Baik atau Buruk?Source: pexels.com

Salah satu dampak positif kehadiran media sosial adalah memudahkan komunikasi. Seperti yang kalian tahu ada banyak aplikasi yang menyediakan fitur mengirim pesan, telepon, hingga panggilan video. Biaya yang ditawarkan juga lebih murah, sehingga komunikasi bisa dilakukan dengan mudah dan bisa menjangkau lebih luas tanpa adanya batas.

Hadirnya media sosial juga menjadi kabar baik untuk para pebisnis. Selain memudahkan untuk promo produk, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk menganalisa pasar, konsumen, hingga kebutuhan produksi. Bahkan, beberapa platform digital juga memberikan fitur khusus untuk berbisnis, sehingga pebisnis kecil juga memiliki peluang yang besar.

Media sosial juga memudahkan kita untuk belajar. Seperti yang kalian tahu dengan jangkauan yang luas kita bisa mencari beragam pembelajaran yang ingin kita ketahui. Dikutip dari 'Journal of Educational Computing Research', melalui media sosial, para pelajar secara aktif bisa lebih kreatif dan mandiri sehingga kualitas pelajaran pun bisa semakin meningkat, baik dan segi pengetahuan maupun kualitas.

Dampak Negatif

Media Sosial, Baik atau Buruk?Source: pexels.com

Dampak negatif media sosial yang pertama adalah gangguan mental. Gangguan mental yang dialami berupa kecemasan dan depresi sehingga mengakibatkan perubahan suasana hati menjadi sedih berkepanjangan serta berkurangnya minat.

Media sosial juga menyebabkan terjadinya kecemburuan sosial yang cenderung menilai negatif ketika melihat bagaimana kehidupan orang lain di media sosial.

Media Sosial, Baik atau Buruk?Source: pexels.com

Tidak hanya depresi dan kecemburuan sosial, media sosial juga menimbulkan efek negatif masalah harga diri yang memalsukan kepribadian. Demi konten yang 'terlihat' bagus dan haus akan pujian, semua itu dilakukan agar mendapatkan followers dan like yang lebih banyak. Bahkan, tak jarang pengguna media sosial melakukan hal yang tak biasa, seperti perbuatan mengancam nyawa, hanya untuk mencari perhatian.

Itulah dampak positif dan negatif media sosial. Bijaklah dalam menggunakan media sosial.

You may also like

Leave a comment