Tuesday Jun 25, 2024 06:08
Featured

Olahraga Menembak, Sia-sia atau Bermanfaat?

Olahraga Menembak, Sia-sia atau Bermanfaat?

MATA LELAKI - Olahraga adalah bagian yang sangat penting ketika kalian ingin menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya memberi manfaat secara fisik saja, olahraga juga dapat memberi manfaat yang baik bagi mental kalian.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kalian lakukan, dan kalian tinggal memilih olahraga mana yang cocok buat kalian. Bila kalian bosan dengan olahraga berenang, lari atau sepak bola, kalian bisa mencoba pengalaman baru dengan melakukan olahraga menembak.

Walaupun bukan olahraga yang umum dilakukan oleh kebanyakan orang, ternyata olahraga menembak memberi manfaat pada kesehatan tubuh kita. Berikut ini manfaat positif yang bisa kalian dapatkan saat melakukan olahraga menembak sebagai hobi.

Meredakan Stres

Olahraga Menembak, Sia-sia atau Bermanfaat?Source: herminahospitals.com

Melakukan olahraga menembak dapat menciptakan ketenangan, karena kalian akan mengenakan pelindung kuping (earmuf) yang akan membuat lingkungan seketika terasa hening.

Keadaan hening membuat orang yang melakukan olahraga menembak seakan berada di dunianya sendiri, dan akan merasa lebih aman serta tidak gelisah karena memiliki kewenangan atas hal-hal yang terjadi di lingkungan. Dari situ, tingkat stres seseorang bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan.

Meningkatkan Fokus

Olahraga Menembak, Sia-sia atau Bermanfaat?Source: issinvestigation.com

Manfaat olahraga menembak yang kedua adalah melatih fokus. Olahraga menembak mewajibkan kalian memfokuskan pada titik target demi mengarahkan peluru secara tepat sasaran. Dan kalian juga harus fokus untuk meletakkan jari kalian pada pelatuk. Aktivitas ini dapat meningkatkan kemampuan otak untuk fokus.

Kekuatan Lengan

Olahraga Menembak, Sia-sia atau Bermanfaat?
Source: Medi-dyne.com

Manfaat olahraga menembak yang ketiga adalah melatih kekuatan lengan. Untuk menembak, seseorang membutuhkan lengan dan tangan yang kuat serta kokoh. Untuk membidik dan menembak target, kalian harus menahan tubuh bagian atas dengan posisi yang stabil.

Sangat sering terjadi penembak baru tidak menyadari otot lengan yang dibutuhkan untuk memegang pistol dalam posisi yang tepat untuk menembak secara akurat, yang justru menyebabkan cidera lengan. Penembak berpengalaman akan sering melakukan latihan seperti push up untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas.

Disiplin

Olahraga Menembak, Sia-sia atau Bermanfaat?
Source: nbcnews.com

Berperilaku bertanggung jawab adalah hal yang terpenting dari kepemilikan senjata. Oleh karena itu, menjadi pemilik senjata juga menumbuhkan pola pikir perlindungan pribadi dan tanggung jawab secara moral atau hukum. Hal ini pula yang akan menumbuhkan rasa disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

Semua yang ada di atas adalah manfaat bagi kalian yang menekuni olahraga menembak sebagai hobi. Jadi, apakah dari kalian sudah pernah mencoba hobi yang satu ini?

You may also like

Leave a comment