Tuesday Sep 17, 2024 02:29
Featured

Mengenal Lebih Dekat Rizki Juniansyah, Peraih Emas Olimpiade 2024

Mengenal Lebih Dekat Rizki Juniansyah, Peraih Emas Olimpiade 2024

MATA LELAKI - Atlet angkat besi asal Banten, Rizki Juniansyah, kini sukses mengharumkan nama Indonesia atas prestasi yang diraihnya di Olimpiade Paris 2024. Rizki berhasil memperoleh medali emas melalui cabang olahraga angkat besi kelas 73 kilogram pada Jumat (9/8/2024) dini hari WIB.

Bila kalian ingin mengenal sosok Rizki Juniansyah lebih dekat, berikut ini beberapa hal terkait atlet muda yang satu itu.

Latar Belakang

Rizki Juniansyah merupakan atlet yang berasal dari kota Banten. Dia lahir di Serang pada 17 Juni 2003. Bakatnya di dunia olahraga diturunkan dari kedua orang tuanya yang juga merupakan atlet angkat besi. Ayah Rizki, Muhammad Yasin, merupakan mantan atlet angkat besi Indonesia, yang pernah 3 kali mengikuti olimpiade di SEA Games pada era 1983 hingga 1993. Sejak kecil Rizki dan kakaknya sudah dilatih dengan sang ayah.

Lifter Indonesia Pertama

Mengenal Lebih Dekat Rizki Juniansyah, Peraih Emas Olimpiade 2024Source: disway.id

Lifter 21 tahun ini juga mencatat mencatatkan namanya sebagai pemegang Olympic Record untuk clean and jerk dengan angkatan 199 kg. Hal ini juga menjadi salah satu prestasi Indonesia, yang terakhir kali mengikuti cabor angkat besi pada tahun 1952 di Olimpiade Helsinki dengan meraih medali perak.

Dalam sebuah informasi Komite Olimpiade Indonesia, Rizki Juniansyah turut mengungkapkan rasa syukurnya. 'Alhamdulillah saya sangat bersyukur kepada Allah SWT bisa membuat sejarah medali emas pertama untuk angkat besi di Olimpiade. Ini untuk angkat besi Indonesia,” ucap Rizki.
Mengenal Lebih Dekat Rizki Juniansyah, Peraih Emas Olimpiade 2024
Source: headtopics.com

Pada percobaan pertama Rizki gagal dengan angkatan berat beban 155 kg. Akan tetapi, di percobaan yang kedua, Rizki berhasil mengangkat beban yang sama. Dan pada kesempatan ketiga atau yang terakhir, Rizki mencoba mengangkat 162 kg akan tetapi gagal.

Dua kali kegagalan tidak membuat Rizki menyerah. Tiba pada Clean and jerk, dengan mulusnya Rizki  mengangkat beban pertama 191 kg. Rizki pun kemudian menaikkan beban angkatannya hingga mencapai 199 kg dan menjadi rekor Olimpiade. Total keseluruhan angkatan Rizki menjadi 354 kg.

Mengenal Lebih Dekat Rizki Juniansyah, Peraih Emas Olimpiade 2024
Source: CGTN.com

Justru berbalik dengan lawan berat dari Rizki yaitu Shi Zhiyong, yang gagal dalam tiga kali percobaan berturut-turut. Shi Zhiyong merupakan atlet dari negara Tiongkok yang sempat meraih dua kali medali emas.

Mengenal Lebih Dekat Rizki Juniansyah, Peraih Emas Olimpiade 2024Source: voi.id

Pria kelahiran Banten ini ternyata juga pernah meraih medali emas di Kejuaraan Asia Junior 2022 di Uzbekistan, Kejuaraan Dunia Junior 2021 di Uzbekistan dan 2022 di Heraklion. Pada olimpiade SEA Games 2023, Rizki berhasil membawa pulang medali emas.

Itulah salah satu atlet Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di cabang olahraga angkat besi. Semoga ke depannya semakin banyak atlet-atlet Indonesia yang berprestasi di kancah internasional.

You may also like

Leave a comment