Wednesday Jul 24, 2024 13:48
Featured

Diet Sehat dengan Defisit Kalori

Diet Sehat dengan Defisit Kalori

MATA LELAKI - Olahraga adalah salah satu kegiatan yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Tapi tahukah kalian kalau olahraga saja tidak cukup? Alasannya adalah olahraga harus didukung dengan jumlah konsumsi makanan tiap harinya. Banyak orang yang melakukan diet malah berujung sakit karena diet yang ekstrem, kurang nutrisi, dan tidak sehat. Maka dari itu kalian bisa mencoba untuk defisit kalori. 

Diet Sehat dengan Defisit KaloriSource : pexels.com

Defisit kalori adalah cara menurunkan berat badan dengan menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi tiap harinya. Menghitung kalori ini bukan cuma untuk kalori yang masuk ke dalam tubuh saja, tapi juga kalori yang kita bakar pada saat berolahraga atau beraktivitas sehari-hari. Kalian bisa menggunakan Basal Metabolic Rate (BMR) untuk menentukan kebutuhan kalori kalian saat ini, dengan mengikuti rumus ini sesuai jenis kelamin kalian.

  • Pria Dewasa: (10 x berat badan dalam kg) + (6.25 x tinggi badan dalam cm) – (5 x usia dalam tahun) + 5.
  • Wanita Dewasa: (10 x berat badan dalam kg) + (6.25 x tinggi badan dalam cm) – (5 x usia dalam tahun) – 161.

Setelah kebutuhan kalori per hari sudah diketahui, kalian bisa langsung memulainya dengan cara:

Diet Sehat dengan Defisit KaloriSource : pexels.com

Pola Makan

Menjaga pola makan adalah salah satu kunci utama untuk defisit kalori dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang rendah akan kalori. Hindari juga mengkonsumsi minuman yang menggunakan pemanis buatan dan lemak trans, akan lebih baik jika meminum air putih yang cukup untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Beberapa contoh makanan yang rendah kalori antara lain sebagai berikut.

  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Protein (daging tanpa lemak, kacang-kacangan, telur, dan makan laut)
  • Susu (produk susu low fat)
  • Lemak sehat (minyak zaitun atau minyak canola)

Diet Sehat dengan Defisit KaloriSource : pexels.com

Olahraga

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menghitung defisit kalori bukan hanya seberapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh, tapi juga seberapa banyak kalori yang terbakar dalam aktivitas fisik seharian. Memang sedikit membingungkan jika harus menghitung keduanya sekaligus. Jika kalian juga merasakan hal itu, kalian bisa melakukan olahraga minimal 30 menit tiap hari.

Olahraga yang dilakukan bisa apa saja, mulai dari berlari, bersepeda, hingga angkat beban. Kalori akan semakin banyak terbakar jika kalian semakin aktif secara fisik. Ini meningkatkan jumlah kalori yang kamu butuhkan, yang dapat membuat defisit lebih mudah.

Itulah pembahasan tentang defisit kalori buat kalian yang ingin menurunkan berat badan. Jika kalian masih merasa bingung untuk menghitung defisit kalori secara manual, kalian bisa menginstal aplikasi penghitung kalori di ponsel pintar kalian.

You may also like

Leave a comment