Tuesday Apr 23, 2024 15:57
Featured

Makna di Balik Tato Yakuza

Makna di Balik Tato Yakuza

MATA LELAKI - Bagi seorang yakuza, tato merupakan sebuah indentitas yang tidak terpisahkan. Tato para yakuza tersebut biasanya dibentuk menyerupai pakaian yang penuh di bagian punggung, dada, hingga lengan. Motif yang digunakan juga khas seperti naga, ikan, samurai dan yang lainnya. 

Namun tato-tato tersebut bukan hanya sekadar untuk membuat para yakuza lebih menakutkan. Terdapat sebuah makna di balik tato yang terdapat di tubuh mereka. 

Dikutip dari USS Feed, seni tato yang bernama irezumi ini tadinya jadi ajang pihak berwenang untuk menandai mantan narapidana (istilahnya bokei). Seiring berjalannya waktu, para yakuza justru menggunakan tato ini untuk menunjukkan identitas mereka. Selain itu tato tersebut juga sebagai bentuk protes terhadap pemerintah karena metode bokei membuat banyak orang dengan masa lalu kelam mendapat stigma negatif di masyarakat.

Berikut ini adalah makna dari tato yakuza berdasarkan motifnya.

Makna di Balik Tato YakuzaSource: kotaku.com

1. Motif Naga

Motif naga menjadi salah satu yang paling banyak ditemukan pada tato yakuza. Tato naga tersebut melambangkan kekuatan dan perlindungan. Penggunaan warna juga berpengaruh terhadap arti yang berbeda-beda dari naga yang digambar. Naga hijau berkaitan dengan alam, sedangkan naga hitam melambangkan pengalaman dan kebijaksanaan.

2. Ikan Koi

Motif ikan koi menggambarkan keberuntungan serta ketekunan. Dalam cerita tradisional Jepang, ikan koi diceritakan mampu melawan arus sungai dan memanjat air terjun. Koi merah memiliki makna yang lebih mengarah pada solidaritas. Sedangkan koi biru menunjukkan sisi jantan seorang yakuza.

Makna di Balik Tato YakuzaSource: pexels.com

3. Samurai

Tato samurai dapat dikaitkan dengan kehormatan, kesetiaan dan keberanian. Hal ini juga sejalan dengan yakuza dan kode etik komunitas mereka. Tidak heran jika banyak anggota yakuza yang memilih motif ini untuk digambar pada tubuh mereka.

4. Topeng Oni

Tato Oni melambangkan pelaku pemberi hukuman yang suka melakukan kekerasan dan kerusakan. Dalam bahasa Jepang, Oni memiliki makna iblis yang memberikan hukuman kepada orang jahat. Sama seperti gaya hidup yakuza, Oni dapat menyebabkan korbannya mengalami ketakutan mendalam, kegilaan hingga kematian.

Makna di Balik Tato YakuzaSource: pinterest.com

5. Burung Phoenix

Burung Phoenix adalah hewan mitologi mistis yang bisa terlahir dari sisa abunya sendiri. Tato burung phoenix melambangkan kelahiran kembali dan kemenangan. Dalam banyak legenda, burung ini memang sering menjadi sosok terkuat. Maka dari itu motif ini banyak digunakan para anggota Yakuza karena mewakili kehidupan mereka.

Itulah makna dari motif tato para anggota yakuza. Selain menjadi seni, ternyata tato-tato tersebut memiliki artinya tersendiri.

You may also like

Leave a comment