Tuesday Apr 23, 2024 15:13
Featured

Teqball, Olahraga Campuran Sepak Bola dan Tenis Meja

Teqball, Olahraga Campuran Sepak Bola dan Tenis Meja

MATA LELAKI - Apakah kalian pecinta sepak bola? Atau justru penggemar tenis meja? Tidak perlu bingung jika ingin menonton pertandingan olahraga tersebut, karena kedua olahraga itu bisa kalian lakukan secara bersamaan dengan olahraga Teqball. Teqball merupakan sebuah olahraga perpaduan antara sepak bola dan tenis meja.

Teqball, Olahraga Campuran Sepak Bola dan Tenis MejaSource: nadmorski24.pl

Teqball pertama kali diciptakan pada tahun 2012 di Hungaria. Olahraga yang berbasis sepak bola ini dimainkan di sebuah meja yang sedikit melengkung biasa disebut meja Teq. Sama seperti sepak bola, kalian dapat menyentuh bola dengan bagian tubuh mana saja kecuali bagian tangan. Peraturan olahraga ini menetapkan bahwa teqball dimainkan antara dua pemain (tunggal) atau empat pemain (ganda) dan bisa dimainkan siapa saja terlepas dari perbedaan gender. 

Beberapa mega bintang sepak bola seperti Lionel Messi, Ronaldinho, Neymar, Cristiano Ronaldo dan David Beckham juga terlihat mencoba olahraga yang satu ini.

Teqball, Olahraga Campuran Sepak Bola dan Tenis MejaSource: litzernine.com

Olahraga ini dapat dimainkan di berbagai permukaan termasuk pasir, rumput, atau lapangan dalam ruangan. Adapun peraturan Teqball antara lain sebagai berikut:

  • Bola yang digunakan dalam permainan Teqball bisa menggunakan bola yang sama dengan sepak bola.
  • Teqball dapat dimainkan oleh dua pemain (tunggal) atau oleh empat pemain (ganda). 
  • Pertandingan teqball terdiri dari tiga set, yang terdapat 12 poin pada setiap set yang dimainkan. 
  • Para pemain/tim berganti servis setelah masing-masing mencapai empat poin. Dilarang menyentuh bola dengan bagian tubuh yang sama dua kali berturut-turut. 
  • Dilarang mengembalikan bola dengan bagian tubuh yang sama dua kali berturut-turut. 
  • Setiap pemain/tim diperbolehkan mengembalikan bola dengan maksimal 3 sentuhan oleh bagian tubuh mana pun, kecuali tangan dan lengan.

Teqball, Olahraga Campuran Sepak Bola dan Tenis MejaSource: insidethegames.biz

Di Indonesia sendiri perkembangan olahraga ini dimulai dari tahun 2020, dan sampai dengan tahun 2022 sudah terdapat 24 provinsi yang aktif melakukan pembinaan cabang olahraga Teqball. Namun popularitas olahraga tersebut belum sebesar sepak bola.

Apakah kalian tertarik untuk mencoba olahraga yang satu ini?

You may also like

Leave a comment