Tuesday Apr 23, 2024 14:26
Featured

Pertanda Kalian Harus Istirahat Media Sosial

Pertanda Kalian Harus Istirahat Media Sosial

MATA LELAKI - Hadirnya media sosial di era sekarang ini memudahkan kita untuk mengetahui informasi terkini dengan cepat. Namun tak jarang juga kita dibuat terlena dengan kegiatan media sosial. Waktu yang harusnya bisa digunakan untuk produktif terbuang percuma hanya karena sibuk scroll konten-konten yang ada di aplikasi tersebut.

Banyaknya media sosial yang ada, membuat kita ingin terus update berita yang sedang ramai dibicarakan ataupun sekadar ingin mengetahui hal-hal lucu yang viral. Itu sebabnya saat waktu luang kita langsung bergegas mengambil smartphone dan terpaku dengan kegiatan media sosial. Tidak terasa waktu yang dilewatkan cukup lama hanya untuk menatap layar smartphone dan meninggalkan kegiatan yang harus dilakukan di kehidupan nyata. 

Lantas bagaimana caranya untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk kita istirahat dari kegiatan media sosial? Simak bahasan berikut!

Pertanda Kalian Harus Istirahat Media SosialSource: pexels.com

1. Merasa Tidak Nyaman dan Sedih

Kegiatan media sosial bisa berdampak pada kesehatan emosional. Banyak unggahan di media sosial yang mungkin berseberangan dengan apa yang kalian ingin lihat. Hal tersebut akan memancing emosi kalian.

Jika kalian merasa bahwa menggunakan sosial media dapat membuat kalian merasa sedih atau lebih buruk, itu merupakan suatu pertanda untuk istirahat. 

2. FOMO

Fear Of Missing Out atau biasa disingkat FOMO, merupakan perasaan takut ketinggalan akan sesuatu yang menyenangkan. Seseorang yang mengalami FOMO memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih rendah karena terus membandingkan hidupnya dengan orang lain. Sebagai pengguna sosial media yang berlebihan tentu dapat memicu munculnya perasaan cemas lalu membandingkan kehidupan kita dengan orang lain yang terlihat lebih menyenangkan atau bahagia.

Pertanda Kalian Harus Istirahat Media SosialSource: pexels.com

3. Selalu 'Online' dan Terisolasi di Kehidupan Nyata

Selain memudahkan untuk mendapatkan informasi, media sosial juga memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang asing secara online. Hal ini tentu sangat bagus buat kita untuk memperluas lingkaran pertemanan. Namun, coba tutup smartphone kalian sejenak dan lihat orang-orang di sekitar kalian dalam kehidupan nyata. Jangan sampai kalian justru hidup di dunia online dan mengabaikan orang-orang yang ada di kehidupan nyata.

4. Cek Smartphone Setiap Saat

Tanda kalian harus istirahat dari media sosial yang terakhir adalah selalu cek smartphone setiap saat. Hal ini tentu saja terjadi karena ingin terus membuka aplikasi dan mengetahui apa yang baru dari media sosial. Efek samping yang sangat mungkin terjadi adalah kalian akan berakhir menghabiskan waktu dengan scroll media sosial tanpa sadar.

Pertanda Kalian Harus Istirahat Media SosialSource: pexels.com

Itulah beberapa tanda kalian harus istirahat dari semua kegiatan media sosial. Walaupun mungkin beberapa dari kalian memiliki pekerjaan yang bersangkutan dengan media sosial, ada baiknya untuk sedikit membatasi kegiatan pribadi dengan media sosial. 

You may also like

Leave a comment