Tuesday Apr 23, 2024 15:07
Featured

Bahaya Mengintai di Balik Nikmatnya Junk Food

Bahaya Mengintai di Balik Nikmatnya Junk Food

MATA LELAKI - Junk Food atau makanan cepat saji seperti pizza, hamburger, donat, atau kentang goreng, sangat digemari masyarakat. Selain penyajiannya yang cepat, tampilan dari junk food ini sangat menarik sehingga tampak estetis untuk diunggah di media sosial. 

Bahaya Mengintai di Balik Nikmatnya Junk FoodSource: pexels.com

Tapi di balik semua kelebihan junk food, makanan yang satu ini mampu menimbulkan beberapa penyakit seperti risiko obesitas, depresi, masalah pencernaan, penyakit jantung, stroke, dan kanker jika terlalu sering mengonsumsinya. Walaupun ada beberapa makanan cepat saji yang menyehatkan seperti sushi dan sandwich, tetapi sebagian besar dari junk food dapat berbahaya untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari junk food.

Bahaya Mengintai di Balik Nikmatnya Junk FoodSource: pexels.com

  • Mengonsumsi junk food dalam 5 hari berturut-turut dapat menghambat kerja otak dalam berpikir dan mengingat.
  • Kulit akan mudah keriput dan mengalami penuaan dini. Kandungan dalam junk food dapat memicu inflamasi atau peradangan yang mempercepat penuaan.
  • Junk food ternyata juga membuat kecanduan yang akan sulit untuk mengontrol nafsu makan yang merangsang sistem penghargaan di otak dengan cara yang sama seperti obat-obatan adiktif, seperti kokain.
  • Menurut National Library of Medicine, mengonsumsi junk food dapat meningkatkan risiko gangguan kejiwaan dan perilaku kekerasan pada anak dan remaja. Kalian akan sulit mengendalikan stres dan tekanan saat tidak mengonsumsi junk food.
  • Perubahan mood yang terjadi secara tiba-tiba. Saat mengonsumsi makan yang memiliki kadar gula tinggi akan menimbulkan perasaan bahagia. Tapi itu hanya sementara, jika efeknya hilang mood akan kembali menjadi hampa.

Bahaya Mengintai di Balik Nikmatnya Junk FoodSource: pexels.com

Itulah beberapa bahaya mengkonsumsi makanan junk food jika berlebihan. Kalian bisa menikmati makanan tersebut sesekali dan didukung dengan olahraga. Masih banyak pilihan makanan dan cemilan yang lebih sehat seperti kacang, biskuit gandum dengan keju atau hummus, serta potongan buah. Pilihan ada di tangan kalian.

You may also like

Leave a comment