Tuesday Apr 23, 2024 16:02
Featured

Table Manner, Penting Tapi Terabaikan

Table Manner, Penting Tapi Terabaikan

MATA LELAKI - Table Manner adalah tata krama meja atau tata cara yang mengatur mulai dari cara duduk, cara makan, sampai etika saat makan. Walaupun terlihat sepele, tetapi mempelajari table manner bukan sesuatu yang mudah. Menguasai 'Table Manner' rupanya memberikan dampak positif, salah satunya yaitu meningkatkan nilai kelas sosial bagi orang yang melakukannya. Kesopanan merupakan hal utama dalam table manner. Apa saja yang perlu diperhatikan? Simak ulasan berikut.

Table Manner, Penting Tapi TerabaikanSource: pexels.com

Saat diundang ke acara jamuan makan, datanglah dengan menggunakan dress code yang sudah ditentukan dan pastikan pakaian yang digunakan bersih dan rapi. Kurangi aktivitas ponsel ketika sudah berada di meja makan, terlebih lagi jika ada tuan rumah. Mengaktifkan mode getar juga sangat disarankan atau mematikan ponsel jika diperlukan. Hal ini dilakukan agar suasana pada saat acara jamuan makan tidak terganggu.

Table Manner, Penting Tapi TerabaikanSource: pexels.com

Beberapa negara memiliki tata cara makan yang berbeda-beda, sebagai tamu kita harus mengikuti tata cara yang berlaku. Tapi, table manner mempunyai standar makan universal yang bisa kalian terapkan pada kehidupan sehari-hari. Adapun aturan di meja makan yang bisa kalian terapkan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Duduklah dalam posisi badan yang tegak dan tidak bersandar di kursi.  
  • Taruh serbet di atas lutut sebelum acara makan dimulai. Serbet dapat digunakan untuk menyeka mulut agar tetap bersih setelah makan.
  • Saat menyantap makanan, posisi kedua siku tangan yang memegang peralatan makan tidak boleh menyentuh meja, harus sedikit terangkat di udara.
  • Ketika ingin mencicipi makanan, gunakan sendok untuk mengambil porsi kecil lebih dahulu. Jangan menambahkan bumbu sebelum kalian mencicipi makanan karena dianggap kasar serta menghina koki.  
  • Nikmati hidangan dalam hening tanpa mengeluarkan suara. Mulut harus tertutup rapat saat kalian mengunyah makanan. 
  • Ketika menggunakan garpu dan pisau, posisi pisau harus berada di genggaman tangan kanan dan garpu di tangan kiri. 
  • Setelah selesai menikmati hidangan, letakkan peralatan makan dalam posisi terbalik membentuk huruf X dan taruh tangan ke bawah meja. 
  • Pastikan mulut dalam keadaan terkatup rapat ketika kalian ingin membersihkan sisa makanan di dalam mulut.
  • Berbicaralah dengan suara pelan dengan intonasi dan pengucapan yang jelas. 
  • Gunakan serbet untuk menutup mulut jika ingin batuk ataupun bersin. Selain menghindari penyebaran kuman penyakit, hal ini juga merupakan bentuk kesopanan agar tak menganggu atau membuat orang lain tak nyaman.

Table Manner, Penting Tapi Terabaikan

Source: pexels.com

Itulah etika saat berada di meja makan. Selain mengajarkan sopan santun, secara tidak langsung table manner juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Sudahkah kalian melakukan table manner ini?

You may also like

Leave a comment