Sunday May 05, 2024 01:11
Featured

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

MATA LELAKI - Semakin bertambahnya usia membuat orang yang berusia 40 tahun mengalami penurunan fungsi tubuh yang juga termasuk pada gigi dan area mulut. Kesehatan gigi dan mulut penting untuk selalu dijaga karena dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gigi atau gusi yang terinfeksi di dalam mulut akan menimbulkan kumat yang akan menyebar ke organ lain.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan MulutSource: pexels.com

Untuk mencegah masalah pada gigi dan mulut di hari tua nanti, kesadaran akan merawat kebersihan mulut diperlukan sejak awal. Tak hanya untuk kesehatan, gigi yang bersih serta mulut yang sehat juga dapat meningkatkan percaya diri seseorang. Lantas apa saja cara untuk merawat kesehatan gigi dan juga mulut? Simak ulasan berikut.

1. Sikat gigi 2 kali sehari

Membersihkan gigi dapat dilakukan 2 kali sehari dengan cara menyikat gigi. Waktu yang tepat untuk melakukannya adalah pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Gunakanlah sikat gigi dengan bahan yang lembut dan lakukanlah dengan cara perlahan agar tidak melukai gusi. Kalian dapat mengganti sikat gigi secara rutin jika bulunya sudah rusak atau sekitar 3-4 bulan.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan MulutSource: pexels.com

2. Gunakan benang gigi

Benang gigi dapat membantu kotoran yang menempel pada sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Kotoran yang dibiarkan menempel lama pada gigi akan menimbulkan karang gigi dan plak yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

3. Gunakan obat kumur

Kalian bisa menggunakan obat kumur agar nafas kalian lebih segar. Tak hanya itu, obat kumur juga dapat membantu mengurangi plak, menjaga kesehatan gusi, dan melindungi gigi. Tetapi disarankan untuk tidak menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi, karena akan menghilangkan fluoride dari pasta gigi yang sudah melapisi permukaan gigi. Kalian bisa menggunakan obat kumur tersebut setelah makan siang.

4. Kurangi makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri di dalam mulut karena bakteri jahat menggunakan gula sebagai sumber energinya. Minumlah air putih atau gunakan obat kumur setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula untuk mencegah gula menempel di gigi dan di dalam mulut.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan MulutSource: pexels.com

5. Periksa gigi secara rutin

Memeriksa gigi secara rutin ke dokter merupakan hal yang wajib dilakukan minimal 6 bulan sekali, karena masalah pada gigi dan mulut sangat sulit terdeteksi. Dengan pemeriksaan rutin, masalah pada gigi dan mulut kalian akan terdeteksi lebih awal sehingga dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Kesahatan gigi dan mulut juga tidak kalah penting dibandingkan bagian tubuh lainnya. Tips di atas bisa kalian lakukan secara rutin agar mendapat gigi kuat dan mulut yang sehat. 

You may also like

Leave a comment