Friday Oct 18, 2024 09:57
Featured

Jerawat di Punggung, Begini Cara Atasinya

Jerawat di Punggung, Begini Cara Atasinya

MATA LELAKI - Masalah jerawat tidak hanya ditemukan hanya pada wajah saja, tetapi juga muncul pada bagian punggung. Tentu saja bagi sebagian orang hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Sama halnya dengan jerawat pada umumnya, jerawat yang ada pada bagian punggung ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti masalah kebersihan, stres, hingga genetik.

Jerawat di Punggung, Begini Cara AtasinyaSource: pexels.com

Penyebab

Adapun hal-hal lain yang menjadi pemicu munculnya jerawat punggung antara lain sebagai berikut.

1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon androgen menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat punggung. Biasanya perubahan ini terjadi pada saat memasuki masa pubertas pada laki-laki. Sementara pada perempuan, perubahan hormon ini biasanya terjadi pada saat menstruasi atau hamil.

2. Stres

Jerawat di punggung juga bisa disebabkan oleh stres. Stres yang berlebihan bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, sehingga memperburuk kondisi jerawat yang sudah timbul.

Saat sedang stres, kadar hormon kortisol dan androgen di dalam tubuh akan meningkat. Peningkatan hormon tersebut dapat menyebabkan produksi sebum ikut meningkat sehingga memicu terjadinya jerawat.

Jerawat di Punggung, Begini Cara AtasinyaSource: pexels.com

3. Keringat

Punggung merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah berkeringat, terutama saat berolahraga atau pada kondisi yang lembap. Keringat tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit serta memicu terjadinya jerawat di punggung jika tidak dibersihkan dengan baik.

4. Menggunakan obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan dan steroid dapat memberikan efek samping timbulnya jerawat, termasuk jerawat di area punggung. Hal tersebut disebabkan karena meningkatnya produksi minyak di bagian punggung yang memicu timbulnya jerawat.

Jerawat di Punggung, Begini Cara AtasinyaSource: pexels.com

Cara Mengatasi

Meskipun jerawat di punggung tidak berbahaya, namun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu cara mencegah jerawat punggung adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Selain itu terdapat juga beberapa cara mengatasi masalah jerawat punggung, antara lain sebagai berikut.

  • Hindari menggosok telalu keras pada bagian badan saat mandi.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat.
  • Hindari memencet atau menekan jerawat.
  • Gunakan produk perawatan kulit nonkomedogenik agar tidak menyumbat pori-pori.
  • Rutin mengganti dan mencuci handuk yang digunakan setiap harinya.
  • Mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran, protein, dan buah-buahan.

Itulah penyebab terjadinya jerawat punggung dan cara mengatasinya. Jika masalah jerawat ini terus muncul dan menyebabkan rasa sakit yang menunjukkan tanda-tanda infeksi, segera konsultasi ke dokter terkait.

You may also like

Leave a comment