Monday May 20, 2024 23:26
Featured

Katana, Senjatanya Kaum Samurai Jepang

Katana, Senjatanya Kaum Samurai Jepang

MATA LELAKI - Katana adalah sebuah pedang berasal dari Jepang yang biasanya menjadi senjata para kaum samurai, sehingga disebut pedang samurai. Pada zaman Jepang kuno, pedang ini merupakan salah satu senjata yang paling mematikan yang digunakan oleh para samurai kekaisaran. Bahkan Katana dianggap sebagai “jiwa samurai”.

Katana, Senjatanya Kaum Samurai JepangSource: pexels.com

Sebagian dari kalian mungkin penasaran dengan sejarah dari pedang katana yang tentu sangat populer di kalangan para samurai di masa lalu. Namun asal-usul pedang tersebut masih menjadi perbincangan. Ada yang mengatakan bahwa pedang katana merupakan kombinasi dari keahlian Tiongkok dan Jepang.

Menurut versi lain, Amakuni Yasutsuna adalah orang pertama yang menciptakan pedang katana. Konon, Amakuni tidak makan dan minum selama 7 hari 7 malam dan mendapatkan wahyu dari Kami atau dewa. Ia mengubah teknik pembuatan pedangnya dan menghasilkan katana pertama yang kelak digunakan oleh samurai Kekaisaran Jepang.

Katana, Senjatanya Kaum Samurai JepangSource: pexels.com

Katana memiliki sejarah yang panjang, bahkan diketahui pedang para samurai ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Amakuni Yasutsuna yang pada saat itu merupakan kepala sekelompok ahli pedang yang dipekerjakan oleh Kaisar Jepang untuk membuat senjata bagi para prajuritnya, menciptakan pedang pertamanya di tahun 700 Masehi. Tak heran jika memang katana sudah dianggap sebagai bagian dari sejarah dan budaya Jepang.

Penggunakan bahan untuk pembuatan pedang katana memang harus menggunakan bahan yang berkualitas tinggi. Hal tersebut akan berpengaruh pada hasil serta tingkat ketajaman nantinya.

Dikutip dari IDNTimes, pedang katana tradisional hanya dibuat menggunakan baja paling murni saja dan biasanya disebut sebagai tamahagane oleh orang Jepang. Selain itu, bagian pegangannya disebut dengan nama tsuka dan terbuat dari kayu khusus yang kemudian dibungkus kembali dengan kulit pari.

Katana, Senjatanya Kaum Samurai JepangSource: pexels.com

Sebagai salah satu senjata utama para samurai, tentu saja katana harus menjadi senjata yang mematikan. Tak heran jika katana memiliki tingkat ketajaman yang sangat luar biasa. Mata pisau katana yang sangat tajam mampu memotong rambut secara mudah mirip seperti silet. 

Katana tidak hanya menjadi sebuah senjata yang mematikan, namun juga menjadi nilai-nilai sejarah dan budaya yang sangat dihargai oleh orang Jepang.

You may also like

Leave a comment