Wednesday May 29, 2024 11:42
Featured

NASCAR, dari Ilegal Hingga Legal

NASCAR, dari Ilegal Hingga Legal

MATA LELAKI - NASCAR adalah singkatan dari National Association for Stock Car Auto Racing yang merupakan ajang balap mobil populer. Meskipun di Indonesia tidak sepopuler balapan F1 ataupun MotoGP, tetapi di Amerika Serikat NASCAR menjadi salah satu kompetisi olahraga terpopuler dan dengan rating penonton tertinggi.

NASCAR, dari Ilegal Hingga LegalSource: nascarhall.com

NASCAR pertama kali diselenggarakan di Amerika Serikat (AS) pada 1948. Namun, sebelum itu ternyata NASCAR memiliki sejarah yang panjang. Pada awalnya ajang balap ini dilakukan dengan suatu hal yang ilegal, dimana para pembuat dan penjual minuman keras ilegal yang ingin menyelundupkan minuman tersebut dengan menggunakan mobil yang sudah dimodifikasi. Hal ini dilakukan agar mobil bisa melaju lebih kencang dan menghindari kejaran para polisi.

Dengan performa mobil-mobil yang sudah kencang, para penjual minuman tersebut pun mulai saling balapan satu sama lain yang dilakukan di trek yang bertanah. Saking banyaknya penjual miras yang mengikuti balapan ini, barulah pada Desember tahun 1947 mulai dibentuk organisasi yang resmi. Bill France Sr, mendirikan organisasi bernama National Association for Stock Car Auto Racing atau disingkat jadi NASCAR.

NASCAR, dari Ilegal Hingga LegalSource: pexels.com

Balapan pertama NASCAR diselenggarakan pada 15 Februari 1948 di jalanan sepanjang pantai kota Daytona Beach, Florida. Pada saat itu pria yang bernama Red Byrion dengan mengemudikan mobil Ford berhasil menjuarai balapan tersebut.

NASCAR, dari Ilegal Hingga LegalSource: pexels.com

Adapun kategori dalam perlombaan NASCAR, antara lain:

  • NASCAR Cup Series: Seri paling elite yang dimulai pada 1949 dengan nama Stricly Stock. Seri ini adalah level tertinggi yang bisa dicapai oleh pengemudi NASCAR yang diadakan di seluruh Amerika dan terdiri dari beberapa kategori atau level (trek pendek, trek menengah, super speedways (trek berbentuk oval), dan road course).
  • Nascar Xfinity Series: Level kedua dalam NASCAR yang menggunakan trek sama dengan Cup Series, tetapi dengan jumlah lap yang lebih sedikit.
  • Camping World Truck Series: Level terendah dalam NASCAR yang dimulai pada 1995. Seri ini dikhususkan bagi mobil pick up yang dimodifikasi untuk balapan.

Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian menyukai balap NASCAR ini? Atau lebih menyukai balapan MotoGP?

You may also like

Leave a comment