Friday Mar 01, 2024 15:51
Featured

Game Online, Baik atau Buruk?

Game Online, Baik atau Buruk?

MATA LELAKI Game online adalah permainan di komputer atau smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet sehingga antara pemain satu dengan yang lainnya dapat terhubung dalam waktu yang bersamaan.

Game online banyak dimainkan mulai dari anak di bawah umur hingga orang yang terbilang sudah dewasa. Bermain game online memang mengasyikkan, bahkan kadang hingga membuat kita lupa akan waktu dan kecanduan. Tentu itu akan menjadi hal buruk untuk orang tua yang mempunyai anak dan hobi bermain game. Jika dilihat dari sisi lain, bermain game online juga memiliki manfaat baik. Adapun manfaat baik dan buruk dalam bermain game online antara lain sebagai berikut:

Game Online, Baik atau Buruk?Source: pixabay.com

1. Mengurangi Stres

Bermain game online terbukti mengurangi rasa stres seseorang setelah satu harian beraktivitas di kantor ataupun di sekolah. Biasa orang-orang memilih untuk memainkan game online sebagai bentuk refreshing yang dapat menjadi hiburan yang membantu mengurangi stres.

2. Meningkatkan Fokus

Beberapa game seperti game Peak, Elevate, Lumosity, Fit Brain Trainer, dan semacamnya dirancang khusus untuk melatih otak dan meningkatkan konsentrasi. Manfaat ini bukan hanya dapat dirasakan oleh anak-anak, tapi juga pada orang dewasa bahkan lansia yang butuh latihan otak guna menurunkan risiko penyakit demensia.

Game Online, Baik atau Buruk?Source: pixabay.com

3. Melatih Pengendalian Emosi

Terdapat beberapa game online yang berdampak bagi pengendalian emosi, seperti game kompetitif ataupun game tantangan yang memacu adrenalin. Menang dan kalahnya seseorang ketika bermain game online akan mempengaruhi emosinya saat itu. Jika seseorang dapat mengendalikan emosinya ketika bermain game online, maka di kehidupan nyata respons yang ditampilkan lebih rileks serta tidak mudah cemas saat menangani masalah.

4. Menghasilkan Uang

Sisi positif berikutnya adalah bermain game online bisa menghasilkan uang yang jumlahnya tidak sedikit. Salah satu contoh bukti nyatanya berkarier di industri game sebagai atlet e-sports, pembuat game, penguji game dan beberapa posisi lainnya.

Sementara itu dampak negatif game online bagi kesehatan fisik dan mental antara lain:

Game Online, Baik atau Buruk?Source: dubsnatch.com

1. Mengganggu Kesehatan Mata

Bermain game online tentu menghabiskan waktu yang tidak sebentar. Risiko kesehatan mata akan terganggu mengingat rentang waktu seseorang menatap layar smartphone atau komputer tanpa jeda. Hal ini akan membuat mata menjadi mudah lelah, kering, dan otot mata menjadi tegang. Jika dilakukan secara terus menerus, akan menimbulkan masalah kesehatan mata yang lebih serius.

Cobalah untuk mengalihkan pandangan dari layar selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Lakukan istirahat tersebut secara berkala.

2. Kurang Bersosialisasi Tatap Muka

Seseorang yang kecanduan bermain game online membuat ia susah untuk lepas dari gadgetnya. Hal ini tentu membuatnya mengabaikan orang lain yang berada di hadapannya karena terlalu asyik sendiri memainkan gadget.

Walaupun dalam game online kita tetap bisa berinteraksi dengan orang lain, tetapi kita tetap membutuhkan interaksi secara langsung dengan orang sekitar.

3. Insomnia

Dampak buruk yang satu ini merupakan hal yang paling banyak terjadi di kalangan pemain game online. Terlebih lagi jika seseorang memiliki aktivitas di pagi hari hingga malam, maka seseorang memilih bermain game online sebagai sarana untuk hiburan di malam hari hingga larut. Itulah kenapa game online merupakan salah satu penyebab terbesar seseorang mengalami insomnia.

Selain itu menatap layar gadget terlalu lama juga menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur jadwal tidur.

Tidak ada yang salah jika kita bermain game online, hanya saja kita harus membatasi diri agar kesehatan fisik dan mentalmu tidak terganggu. Berikan jeda yang cukup saat bermain game agar terhindar dari insomnia.

You may also like

Leave a comment