Sunday Apr 28, 2024 14:01
Featured

Menelusuri Jejak Sejarah MotoGP

Menelusuri Jejak Sejarah MotoGP

MATA LELAKI - Bagi pecinta balap motor pasti sudah tidak asing dengan MotoGP. Ajang balap motor bergengsi yang satu ini menjadi kejuaraan balap motor internasional tertua yang dulunya dikenal sebagai Grand Prix. Kejuaraan dunia balap motor internasional ini diadakan untuk pertama kalinya di sirkuit Snaefell mountain course di Isle of Man, sebuah daerah pemerintahan kerajaan Inggris pada tahun 1949.

Menelusuri Jejak Sejarah MotoGPSource: pexels.com

Sebelumnya pada tahun 1938, FIM atau yang saat ini bernama FICM (Federation Internationale des Clubs Motorcyclistes), merupakan badan pengatur atau regulator kejuaraan dunia MotoGP, mengumumkan adanya Kejuaraan Eropa yang direncanakan menjadi kejuaraan dunia. Namun, ajang balapan tersebut terpaksa ditunda karena terjadinya Perang Dunia II.

Menelusuri Jejak Sejarah MotoGPSource: ultimatemotorcycling.com

Setelah perang berakhir, kejuaraan balap motor berlangsung untuk pertama kalinya pada tahun 1949. Terdapat empat kelas solo yang berdasarkan dari daya tampung motor untuk bahan bakar, yaitu kelas 125 cc, 250 cc, 350 cc , dan 500 cc sebagai kelas utama. Sepeda motor yang dipakai dalam lomba MotoGP menggunakan mesin balap yang dibuat khusus, sesuai dengan regulasi FICM (Federation Internationale des Clubs Motorcyclistes) yang tidak dijual kepada masyarakat umum serta tidak dapat dikendarai secara legal di jalan umum.

Kejuaraan dunia balap motor MotoGP saat ini dibagi menjadi tiga kelas, yaitu MotoGP, Moto2, dan Moto3 yang menggunakan mesin 4-stroke. Namun pada beberapa seri terdapat tambahan kelas, yaitu MotoE yang menggunakan sepeda motor listrik. MotoGP masih memegang kasta tertinggi saat ini dengan mesin 500cc 2-stroke.

Menelusuri Jejak Sejarah MotoGPSource: oto.com

Terdapat beberapa nama pembalap yang sukses dalam sejarah Grand Prix antara lain yaitu:

  • Giacomo Agostini memenangi 122 seri Grandprix dan 15 gelar juara dunia, 7 kali di kelas 350cc dan 8 kali di kelas premier.
  • Valentino Rossi dengan tujuh gelar. Sepanjang kariernya di kelas MotoGP, Valentino Rossi memegang rekor kemenangan terbanyak dengan 89 kemenangan.
  • Marc Márquez, pebalap yang masih aktif saat ini, dengan enam gelar MotoGP.
  • Mick Doohan, sang legenda dengan lima gelar juara dunia GP500.

Kejuaraan MotoGP terus berlanjut setiap tahun hingga saat ini dan diadakan di berbagai negara berbeda. Bahkan, Indonesia pernah menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 2022 yang diadakan di Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kalau kalian sendiri, siapa pembalap MotoGP favorit kalian?

You may also like

Leave a comment