Thursday Sep 19, 2024 08:10
Featured

Jantung Berdebar Saat Minum Kopi? Ini Cara Mengatasinya

Jantung Berdebar Saat Minum Kopi? Ini Cara Mengatasinya

MATA LELAKI - Dari kalangan anak muda hingga dewasa, minuman kopi sudah menjadi minuman yang dibilang cukup digemari. Minuman ini dipercaya bisa membuat orang tetap bersemangat dan menghilangkan rasa kantuk. Akan tetapi bagi sebagian orang, kopi dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti jantung yang berdebar lebih cepat, tangan yang bergetar, perasaan gelisah atau tidak nyaman.

Jantung Berdebar Saat Minum Kopi? Ini Cara MengatasinyaSource: pixabay.com

Efek samping yang paling banyak dirasakan oleh orang mungkin adalah jantung berdebar. Apabila kalian pernah merasakannya, kalian tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya. Berikut pembahasannya.

Tarik Nafas

Jantung Berdebar Saat Minum Kopi? Ini Cara MengatasinyaSource: pixabay.com

Minum kopi dengan perasaan cemas juga dapat memicu terjadinya jantung berdebar, jadi pastikan pikiran kalian baik-baik saja, Kalian bisa mengikuti panduan melakukan teknik pernapasan 4x4 berikut ini sebagai cara mengatasi jantung berdebar:

    Tarik napas secara perlahan selama 4 hitungan
    Tahan napas selama 4 hitungan
    Buang napas secara perlahan dalam 4 hitungan

Minum Air Putih

Jantung Berdebar Saat Minum Kopi? Ini Cara MengatasinyaSource: pixabay.com

Langkah selanjutnya adalah kalian bisa meminum air putih. Air putih dipercayai dapat menetralisir stimulan kafein yang membuat jantung berdebar. Kafein diketahui dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi dengan cepat. Jadi jika kalian memperbanyak minum air putih, kemungkinan besar jantung yang berdebar bisa diatasi.

Olahraga Ringan

Jantung Berdebar Saat Minum Kopi? Ini Cara MengatasinyaSource: sport.com

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan pada saat minum kopi adalah melakukan olahraga ringan. Cara ini dapat membantu meningkatkan aliran darah, memperkuat jantung, hingga mengurangi gejala jantung berdebar.

Salah satu olahraga yang dapat dilakukan adalah olahraga kardio ringan seperti berjalan santai atau bersepeda.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi efek samping jantung berdebar setelah minum kopi. Meski efek sampingnya bisa diatasi, alangkah baiknya jika kalian tak mengonsumsi kopi secara berlebihan demi kesehatan kalian sendiri.

You may also like

Leave a comment