Wednesday May 29, 2024 12:30
Featured

Papan Beroda yang Mendunia

Papan Beroda yang Mendunia

MATA LELAKI - Skateboard adalah papan seluncur dengan menggunakan empat roda yang banyak digemari anak muda. Selain menjadi salah satu alat transportasi, kini skateboard termasuk olahraga profesional, hingga sering diadakan kompetisi resmi oleh para komunitas skateboard hingga Olimpiade.

Papan Beroda yang MenduniaSource: pinterest.com

Skateboard pertama kali muncul pada tahun 1950-an di California, Amerika Serikat. Awalnya skateboard dijadikan alternatif selancar air atau surfing yang sering juga disebut sebagai 'sidewalk surfing'. Pada masa itu bentuk dari skateboard tidak seperti yang bisa kita lihat sekarang, desain pada era itu hanya menggunakan papan yang sangat sederhana dan dipasangi roda dari sepatu roda.

Papan Beroda yang MenduniaSource : mens-folio.com

Pada tahun 1959, Bill Richard, seorang pemilik toko yang berletak di Los Angeles, bekerjasama dengan Roller Skate Company, membuat papan skate untuk dijual. Hal itu membuat popularitas skateboard meningkat hingga menyebar ke negara bagian Amerika Serikat lainnya.

Namun sayangnya pada tahun 1965, popularitas skateboard sempat menurun karena framing dari media iklan yang menggambarkan bawah skateboard termasuk dalam katagori olahraga yang ekstrem dan berbahaya. Hal itu membuat banyak orang lebih tertarik untuk bermain dan menyaksikan kompetisi sepatu roda.

Papan Beroda yang MenduniaSource: skateboardinghalloffame.org

Pada tahun 1973, popularitas skateboard kembali menggeliat setelah Frank Nasworthy mengkampanyekan permainan skateboard yang aman. Frank juga memperkenalkan roda skateboard dengan bahan dasar 'urethane' yang mana pada tahun 1950-1960-an roda pada skateboard masih menggunakan bahan dasar dari tanah liat. Tidak hanya itu, desain papannya juga mengalami perubahan yang awalnya datar berubah menjadi sedikit terangkat.

Setelah kembalinya popularitas skateboard ini, pada tahun 1976 skatepark pertama di dunia mulai dibangun di Florida dengan desain yang mirip kolam renang kosong dan disusul oleh negara bagian Amerika Serikat lainnya, hingga mencapai Eropa dan Asia.

Apakah kalian juga menggemari olahraga ekstrem ini?

You may also like

Leave a comment