Friday Mar 01, 2024 15:49
Featured

Beda Bentuk Beda Fungsi, Sudah Tahu?

Beda Bentuk Beda Fungsi, Sudah Tahu?

MATA LELAKI - Jika kalian suka bepergian ke suatu bar atau kafe pastinya hal pertama yang kalian lakukan di sana adalah mencari meja dan memesan minuman. Mungkin luput dari perhatian kalian, atau mungkin ada yang sudah sadar, jika banyak bentuk gelas yang biasa kalian pakai, dan itu tergantung pada minumannya.

Sebenarnya apa yang membedakan dari gelas-gelas itu selain bentuknya? Berikut ini pembahasannya.

Rock Glass

Beda Bentuk Beda Fungsi, Sudah Tahu?Source: pixabay.com

Nama lain dari rock glass adalah lowball. Gelas dengan bentuk pendek ini mampu menampung sekitar 6-8 ons cairan. Gelas ini juga dapat digunakan untuk menyajikan minuman beralkohol tanpa es atau mixer.

Ciri lain dari rock glass adalah bentuknya yang lebar, tetapi pendek. Gelas ini cukup multifungsi. Selain menyuguhkan minuman beralkohol, kalian juga bisa memakainya untuk minuman dingin dengan es serut.

Cocktail Glass

Beda Bentuk Beda Fungsi, Sudah Tahu?
Source: modernquests.com

Gelas koktail adalah gelas bertangkai dengan mangkuk kerucut yang terbalik, Fungsinya jelas digunakan untuk menyajikan koktail, sesuai namanya. Istilah gelas koktail juga sering digunakan secara bergantian dengan gelas martini, meskipun sedikit berbeda. Saat ini, gelas tersebut digunakan untuk menyajikan berbagai koktail, seperti martini dan variasinya.

Snifter Glass

Beda Bentuk Beda Fungsi, Sudah Tahu?Source: wallpapersafari.com

Dari semua gelas yang ada di atas, gelas ini termasuk gelas yang berukuran besar. Gelas ini mempunyai batang pendek dan bentuk mangkuknya besar. Ukuran mangkuknya ini berfungsi untuk mengaduk minuman di dalamnya.

Ciri lain dari gelas ini adalah ukuran mulut bagian atas yang lebih sempit. Fungsinya adalah untuk menahan aroma dari minuman, membuatnya terkesan istimewa. Gelas ini paling banyak digunakan untuk minuman brendi dan wiski.

Red Wine Glass

Beda Bentuk Beda Fungsi, Sudah Tahu?Source: healthifyme.com

Red wine glass, atau gelas anggur merah, memiliki bagian bibir gelas yang cenderung lebih kecil ketimbang “badan” gelas. Gelasnya memiliki ukuran mangkuk yang lebih besar dan bentuknya bundar,
Bentuk gelasnya yang bulat ini berfungsi untuk menahan suhu antara 18-20 derajat Celsius.

Ukuran batang gelas anggur merah ini terbilang panjang dan tujuannya adalah untuk menjauhkan tangan dari minuman sehingga mencegah minuman menjadi terlalu hangat.

Nah, itu dia beberapa jenis dan fungsi gelas-gelas yang belum kalian banyak tahu meski sudah sering kalian gunakan. Apakah kalian punya salah satunya?

You may also like

Leave a comment