Tuesday Jun 25, 2024 07:12
Featured

Waspada, Skizofrenia Bisa Datang Kapan Saja

Waspada, Skizofrenia Bisa Datang Kapan Saja

MATA LELAKI - Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan emosi. Seseorang yang mengidap Skizofrenia biasa akan mengalami halusinasi, delusi, perubahan sikapo, serta kekacauan dalam berpikir.

Skizofrenia sering sekali disamakan dengan gejala psikosis karena kemiripan gejala. Tetapi, walaupun gejala psikosis dapat muncul pada skizofrenia, tidak semua penderita skizofrenia pasti mengalaminya.

Sampai saat ini, para ahli belum bisa memastikan apa penyebab dari Skizofrenia. Namun terdapat beberapa kondisi yang berkaitan dengan Skizofrenia ini, antara lain yaitu:

Waspada, Skizofrenia Bisa Datang Kapan SajaSource: pexels.com

1. Genetik

Seseorang yang memiliki keluarga pendahulu dengan kondisi skizofrenia memiliki risiko 10 persen lebih tinggi untuk mengalami kondisi serupa. Risiko itu juga makin meningkat di angka 40 persen apabila kedua orang tua mengidap kondisi skizofrenia. 

Waspada, Skizofrenia Bisa Datang Kapan SajaSource: pexels.com

2. Komplikasi kehamilan dan persalinan

Penyakit ini juga dapat muncul karena beberapa kondisi yang mungkin terjadi ketika hamil yang mana dampaknya akan terlihat saat anak lahir. Contohnya seperti berat badan rendah saat lahir, kelahiran prematur, dan asfiksia atau kekurangan oksigen saat lahir.

Waspada, Skizofrenia Bisa Datang Kapan SajaSource: pexels.com

3. Faktor kimia pada otak

Salah satu risiko Skizofrenia dapat meningkat apabila seseorang kekurangan atau ketidakseimbangan kadar serotonin dan dopamin pada otak yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal antara sel otak sebagai bagian dari neurotransmitter.

Walaupun pencegahan dan pengobatan pada penyakit Skizofrenia ini belum ditemukan dan tidak dapat disembuhkan sepenuhnya karena faktor genetik dan yang lainnya, namun ada pengobatan yang dapat mengendalikan dan mengurangi gejala sehingga pasien dapat hidup layaknya orang normal. Pengobatan tersebut dapat berlangsung seumur hidup dengan jadwal kontrol rutin. Semoga kita semua bisa terhindar dari penyakit semacam ini.

You may also like

Leave a comment