Monday May 20, 2024 22:12
Featured

Batik sebagai Identitas Nusantara

Batik sebagai Identitas Nusantara

MATA LELAKI - Tepat pada tanggal 2 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Batik sendiri merupakan seni budaya tenun bergambar asli Indonesia yang diturunkan oleh leluhur dan telah dikenal hampir di seluruh dunia sebagai warisan yang berharga.

Indonesia memiliki batik dengan motif yang beragam dan keunikan tersendiri. Karena itulah Batik masuk ke dalam warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2 Oktober tahun 2009, yang dilakukan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Batik sebagai Identitas NusantaraSource: pexels.com

Penyebutan nama batik diambil dari bahasa Jawa, amba yang berarti tulis, dan nitik yang berarti titik. Nama batik ini sesuai dengan bagaimana proses cara pembuatan berlangsung, yang mana di atas sebuah kain menggunakan canting yang ujungnya berukuran kecil, sehingga memberikan kesan "orang sedang menulis titik-titik." Cairan lilin pada proses pembuatan batik tersebut biasanya juga disebut malam.

Setelah kain tenun selesai digambar dengan motif yang sudah ditentukan, selanjutnya kain akan diberi warna dengan proses pencelupan. Barulah setelah semua proses tersebut, akan menghasilkan sehelai kain batik dengan motif yang memiliki ciri khas tersendiri.

Batik sebagai Identitas NusantaraSource: pexels.com

Pada zaman dahulu proses pembuatan batik ini bisa memakan waktu yang cukup lama, bahkan ada yang sampai berbulan-bulan. Namun seiring dengan ditemukannya beberapa teknik baru dalam pembuatan batik, membuat proses pembuatan batik menjadi lebih cepat. Adapun beberapa teknik pembuatan batik antara lain yaitu:

  • Tulis, proses pembuatan yang dilakukan menggunakan canting untuk melukis lilin malam pada kain.
  • Celup ikat, teknik ini dilakukan dengan mencelupkan sebagian kain ke dalam pewarna, agar warna tidak terserap ke sisa kain lainnya, kain diikat dengan menggunakan tali, benang, serta karet.
  • Cap, teknik pembuatan batik dengan memakai cap atau stempel yang terbuat dari tembaga.
  • Kombinasi, teknik pembuatan batik yang memadukan teknik tulis dengan teknik cap.
  • Printing, teknik pembuatan batik yang dilakukan dengan cara sablon atau screen printing.
  • Teknik lukis, teknik pembuatan batik yang dilakukan dengan cara melukis motif batik pada kain menggunakan pewarna dan kuas.

Batik sebagai Identitas NusantaraSource: pexels.com

Berikut ini beberapa contoh motif-motif batik:

  • Motif Sekar Jagad (Yogyakarta).
  • Motif Sidomukti (Magetan).
  • Motif Sido Asih (Yogyakarta).
  • Motif Cuwiri (Surakarta).
  • Motif Keraton (Yogyakarta).

Hari Batik Nasional menjadi cara paling tepat untuk menjaga identitas bangsa. Selamat Hari Batik Nasional!

You may also like

Leave a comment