Saturday Apr 27, 2024 17:23
Featured

Awas, Jangan Makan Ini Jika Tak Ingin Obesitas

Awas, Jangan Makan Ini Jika Tak Ingin Obesitas

MATA LELAKI - Kalori adalah satuan jumlah energi yang kita dapatkan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Besaran kalori juga berbeda, tergantung jenis makanan dan minumannya.
Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi memang dapat menambah berat badan buat kalian yang kebetulan saat ini bertubuh kurus. Namun jika dikonsumsi berlebihan, apalagi jika makanan itu berkalori tinggi, justru akan menjadi musibah.

Berikut ini adalah beberapa makanan berkalori tinggi yang harus kalian hindari jika tak ingin berat badan kalian naik secara drastis.

1. Gorengan

Awas, Jangan Makan Ini Jika Tak Ingin ObesitasSource: kompasiana.com

Gorengan bisa dibilang sebagai makanan orang Indonesia, karena hampir semua orang pernah memakannya, bahkan ada juga yang menggemari makanan ini. Faktanya, gorengan menyimpan kalori yang cukup tinggi.

Gorengan diketahui mengandung 140 kalori. Jadi, jika kalian merasa belakangan ini sering makan gorengan, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi gorengan, dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat.

2. Daging sapi

Awas, Jangan Makan Ini Jika Tak Ingin ObesitasSource: okezone.com

Siapa yang tidak menyukai daging sapi? Meski memiliki harga yang lebih mahal dibanding daging ayam, terbukti banyak orang menyukai daging sapi karena rasanya yang sangat lezat. Namun hati-hati, karena di balik rasanya yang lezat, daging sapi mengandung kalori yang terbilang tinggi, yaitu 288 kalori tiap 100 gram yang kalian konsumsi.

Jika kalian merupakan seorang penderita darah tinggi, sebaiknya hindari mengonsumsi daging sapi, karena justru akan memperparah penyakit yang kalian derita.

3. Ikan salmon

Awas, Jangan Makan Ini Jika Tak Ingin Obesitas

Source: kompas.com

Dilansir dari website Healthline, ikan salmon sebenarnya memiliki banyak manfaat seperti kaya akan kandungan Omega 3, tinggi vitamin B, sumber potasium dan selenium, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Meski demikian, jika dikonsumsi secara berlebihan, justru bisa meningkatkan berat badan, atau justru bisa menimbulkan penyakit. Ikan salmon mengandung kalori hingga 146 kalori dalam tiap 100 gram yang dikonsumsi.

4. Nasi

Awas, Jangan Makan Ini Jika Tak Ingin ObesitasSource: tirto.id

Makanan pokok yang satu ini sudah menjadi sumber karbohidrat terutama bagi orang Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya. Walau nasi putih kaya akan nutrisi dan bisa memberikan energi pada tubuh, mengonsumi nasi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Salah satu risiko mengonsumsi nasi putih terlalu banyak adalah terkena diabetes tipe 2. Selain itu, nasi putih juga memiliki kalori tinggi, yaitu 204 kalori per mangkuknya.

Itulah beberapa makanan dengan kalori tinggi yang harus kalian hindari. Kalian bisa tetap memakan makanan yang disebutkan di atas, namun harus tetap ingat batasnya dan jangan berlebihan.

You may also like

Leave a comment