Tuesday Apr 23, 2024 15:41
Featured

Balap Formula 1 Dulu dan Sekarang

Balap Formula 1 Dulu dan Sekarang

MATA LELAKI - Formula 1 adalah sebuah ajang balap mobil tertinggi dengan satu seater dengan bentuk mobil yang mengutamakan aspek aerodinamika. Ajang balapan Formula 1 ini menjadi ajang balapan mobil tahunan yang paling populer di dunia, yang dari awal dimulai hingga kini tetap berada di bawah naungan Fédération Internationale de l'Automobile (FIA).

Balap Formula 1 Dulu dan SekarangSource: goodwood.com

Walaupun balapan Formula 1 ini dimulai pada tahun 1950, tetapi akar ajang balapan yang satu ini sudah ada sejak tahun-tahun sebelumnya. Pada awal abad-19, ajang balapan mobil banyak bermunculan yang biasanya diinisiasi oleh perusahaan milik pribadi.

Bapalan Formula 1 diperkirakan dimulai dari balapan dengan jalanan sepanjang 1.200 kilometer di Paris Bordeaux yang dimulai pada tahun 1895. Balapan tersebut dimenangkan oleh Émile Levassor dengan Panhard et Levassor-nya dalam waktu 48 jam. Pada saat itu pengemudi harus ditemani oleh mekaniknya, dengan kecepatan rata-rata balapan hanya 29,9 mph saja. Berbeda dengan saat ini yang menempatkan mekanik untuk tetap di pit stop.

Balap Formula 1 Dulu dan SekarangSource: wtf1.com

Balapan pertama Grand Prix diselenggarakan di Le Mans, Prancis, pada tahun 1901, yang dimenangkan oleh Ferencz Szisz dengan mobil buatan Renault. Ferencz Szisz mencatatkan kecepatan 63,0 mph pada saat melakukan balapan tersebut dengan menempuh jarak 700 mil. Balapan ini pun terus berkembang hingga pada tahun 1906 diadakan Grand Prix de l'Automobile Club de France.

Balap Formula 1 Dulu dan SekarangSource: pexels.com

Tidak semulus sekarang, balapan pada saat itu cukup berat bagi para driver. Seperti pembalap bernama Christian Lauteschalnger dari tim Mercedes yang merobek 10 ban dalam ajang balapan Grand Prix yang diadakan pada tahun 1908.

Formula 1 pun terus berkembang sampai saat ini, dengan munculnya beberapa spek kendaraan yang dilombakan seperti era turbo dan juga hybrid.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian jadi tertarik untuk menonton balap Formula 1 secara langsung?

You may also like

Leave a comment