Monday May 20, 2024 21:44
Featured

Dasar Surfing untuk Pemula, Wajib Tahu!

Dasar Surfing untuk Pemula, Wajib Tahu!

MATA LELAKI - Surfing atau berselancar termasuk ke dalam salah satu olahraga yang terbilang ekstrem, dimana para peselancar harus memanfaatkan gelombang air laut untuk bergerak dan beratraksi di dalam gelombang tersebut. Kebanyakan orang Indonesia sendiri lebih sering menghabiskan waktunya di laut Bali dan Lombok, karena ombak air lautnya tidak terlalu besar ombak.

Sebelum kita membahas terlalu lebih dalam tentang berselancar, ada baiknya kita bahas terlebih dulu mengenai dasar-dasar dalam berselancar untuk pemula.

Penyesuaian Tempat

Dasar Surfing untuk Pemula, Wajib Tahu!Source: pixabay.com

Menentukan lokasi tempat berselancar meski terdengar sepele, namun sangat penting dilakukan, terutama pada pemula. Beberapa sumber menyarankan untuk mencari tempat dengan gelombang yang tidak terlalu besar, karena lebih aman untuk pemula. Lebih baik terjatuh ke pasir dibandingkan harus menabrak bebatuan atau terumbu.

Warm Up atau Pemanasan

Dasar Surfing untuk Pemula, Wajib Tahu!Source: patasudakasurftrips.com

Latihan pemanasan dapat membantu meregangkan otot-otot tubuh dan memperbaiki postur di beberapa bagian tubuh dengan baik. Selain itu, latihan ini juga mendorong keseimbangan tubuh yang tepat sehingga kalian bisa mendapatkan postur tubuh yang baik saat melakukan aktivitas renang. Dengan postur tubuh yang baik, tentu juga dapat mengurangi risiko cedera yang bisa terjadi kapan saja.

Pemilihan Papan Selancar

Dasar Surfing untuk Pemula, Wajib Tahu!Source: freepik.com

Surfing tentu saja memerlukan Surfing Board (papan selancar) agar dapat melintasi ombak yang besar. Akan tetapi, ada perbedaan antara berselancar pada gelombang yang tinggi dengan yang rendah. Dengan memilih papan selancar yang tepat, pengalaman dalam melakukan olahraga ini bisa berbeda dari sebelumnya.

Jika kalian masih kebingungan dalam menentukan papan yang sesuai untuk kalian, cobalah untuk bertanya pada orang yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. Sertakan pula keinginan kalian dalam berselancar, apakah jangka pendek, menengah, atau panjang. Hal ini dilakukan agar kalian tidak perlu mengganti papan selancar berkali-kali.

Berdiri di Papan Selancar

Dasar Surfing untuk Pemula, Wajib Tahu!Source: expertreviews.co.uk

Kalian wajib mempertajam cara untuk dapat berdiri di atas papan selancar. Terlihat mudah, namun sesungguhnya perlu usaha ekstra keras agar dapat berhasil. Keadaan gelombang air dan gulungan ombak membuat pemain berada di situasi yang sulit untuk bisa berdiri dengan stabil.

Bagi kalian yang ingin belajar, kalian dapat mencobanya terlebih dahulu di darat dengan meletakkan papan surf di atas bola, lalu usahakan menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh. Untuk menguasainya, kalian harus selalu tenang dengan pandangan ke depan. Hindari berdiri tegak saat berada di atas papan.

Itulah beberapa dasar bagi kalian yang ingin melakukan surfing atau berselancar. Jika sudah mahir dasarnya, maka kalian bisa lanjut ke tahapan berikutnya yang lebih sulit.

You may also like

Leave a comment