Friday Mar 01, 2024 15:44
Featured

Terjebak Toxic Relationship? Cek di Sini

Terjebak Toxic Relationship? Cek di Sini

MATA LELAKI - Toxic relationship adalah suatu hubungan yang tidak sehat yang berdampak buruk bagi orang yang menjalani, mulai dari fisik hingga mental. Toxic relationsip ini tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja, tetapi juga bisa terjadi di lingkungan perkerjaan, pertemanan, bahkan keluarga, yang merasa selalu disalahkan, direndahkan, hingga diserang secara fisik. Beberapa orang yang terjebak dalam situasi ini tidak menyadari bahwa dirinya sudah berada di lingkaran toxic relationship. Lantas apa penyebab, gejala, dan cara mengatasinya?

Terjebak Toxic Relationship? Cek di SiniSource: pexels.com

Penyebab

Pelaku toxic ini biasanya orang yang memiliki pengalaman buruk yang terjadi di masa lalunya, sehingga rasa empati dan simpati kepada orang lain, termasuk teman, keluarga, atau pasangan, terbilang minim. Salah satu contoh pengalaman buruk yang dialami oleh si pelaku toxic ini berupa kasus perundungan, atau dia juga merupakan korban toxic di masa lalunya. Efek buruk yang terjadi bagi korban toxic bisa berupa gangguan mental, depresi, sampai kecemasan dalam menjalani hidup sehari-hari.

Terjebak Toxic Relationship? Cek di SiniSource: pexels.com

Gejala

Ciri-ciri dari toxic relationship adalah selalu dianggap salah dan mengkritik tanpa adanya alasan yang jelas. Selain itu, komunikasi yang buruk juga menjadi salah satu gejala toxic pada suatu hubungan, yang biasanya dipenuhi dengan sarkasme dan ujaran kebencian.

Terjebak Toxic Relationship? Cek di SiniSource: pexels.com

Pencegahan

Orang yang memiliki sifat toxic akan susah untuk menyadari bahwa perlakuannya tidak benar dan baik buat orang lain. Tentunya bukan hal yang mudah untuk mengatasi toxic relationship ini, harus dilakukan karena kemauan diri sendiri. Komunikasi atau mendiskusikan agar hubungan antara kedua belah pihak membaik hingga terhindar dari keegoisan dan dominasi, daripada memendam emosi lebih baik mencari solusi. Cobalah untuk berpikiran terbuka dengan menerima pendapat orang lain dan memberi saran yang baik.

Mengikuti sesi konseling dengan orang yang ahli di bidangnya juga bisa kalian lakukan. Hal ini sangat direkomendasikan karena konselor tidak akan memberikan dukungan yang memihak siapapun atau netral.

Jadi, apakah kalian terjebak di dalam toxic relationship?

You may also like

Leave a comment