Monday May 20, 2024 22:04
Featured

Air Jahe, Minuman Rempah Penuh Manfaat

Air Jahe, Minuman Rempah Penuh Manfaat

MATA LELAKI - Selain menjadi bahan campuran untuk masakan, jahe juga banyak digunakan untuk keperluan pengobatan maupun dikonsumsi langsung sebagai minuman. Rebusan air jahe ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Di Indonesia sendiri jahe tidak luput dari pengamatan masyarakat, karena sangat mudah untuk ditemukan. Air rebusan jahe memiliki sensasi rasa pedas jika dikonsumsi. Maka dari itu sebagian orang memilih menambahkan madu atau susu untuk meminimalisir rasa pedasnya tanpa mengurangi khasiatnya. Lantas apa saja khasiat yang ditawarkan oleh minuman jahe? Simak bahasan berikut.

Air Jahe, Minuman Rempah Penuh ManfaatSource: pexels.com

1. Meredakan flu

Dari zaman dahulu hingga saat ini, minuman jahe dipercaya sebagai salah satu obat tradisional yang dapat meredakan flu. Manfaat ini didapatkan dari sifat antivirus dan antibakteri pada minuman jahe, yang menjadikannya berkhasiat dalam mengobati berbagai penyakit infeksi, salah satunya flu.

2. Menurunkan berat badan

Minuman jahe dapat menurunkan berat badan. Manfaat ini diperoleh dari gingerol yang memiliki efek antiobesitas yang dapat mempercepat proses pencernaan makanan di usus.

Selain itu minuman jahe juga dapat menjaga beran badan ideal kalian yang terbukti mampu mempercepat pembakaran dan pemecahan lemak serta mengendalikan nafsu makan sehingga berat badan dapat terjaga.

Air Jahe, Minuman Rempah Penuh ManfaatSource: pexels.com

3. Mencegah serangan jantung

Dengan meminum minuman jahe secara rutin, ternyata memiliki khasiat dapat mencegah serangan jantung. Senyawa bioaktif yang terdapat pada minuman jahe mampu menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol, serta melancarkan aliran darah.

4. Mengatasi mual

Kandungan gingerol dalam minuman jahe dipercaya dapat meredakan pusing dan mencegah muntah yang kerap menyertai rasa mual. Hal tersebut didapatkan dari senyawa khusus di dalamnya yang mampu menekan pusat muntah di otak.

Air Jahe, Minuman Rempah Penuh ManfaatSource: pexels.com

5. Meredakan nyeri haid

Bagi kalian para kamu wanita yang sedang mengalami masa haid, ternyata jahe menjadi salah satu minuman yang baik untuk meredakan nyeri haid. zat alami yang terdapat pada minuman jahe memiliki sifat anti inflamasi dan pereda nyeri yang mampu meredakan nyeri haid serta perut kembung akibat haid. Selain itu, minuman jahe juga dapat meredakan nyeri otot yang biasa terjadi setelah berolahraga.

Itulah beberapa khasiat yang didapat dari mengonsumsi minuman jahe. Selain dapat menghangatkan badan, minuman jahe juga memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Apakah kalian sudah merasakan sendiri khasiat dari minuman jahe ini?

You may also like

Leave a comment