Monday May 20, 2024 23:16
Featured

Minuman Alkohol Baik untuk Kesehatan?

Minuman Alkohol Baik untuk Kesehatan?

MATA LELAKI - Minuman alkohol menjadi salah satu pilihan sebagian orang untuk dinikmati di waktu-waktu tertentu, seperti merayakan sesuatu atau sekadar minum bersama teman. Di Indonesia sendiri minuman tradisional tuak dan arak juga banyak dinikmati di setiap daerah.

Terlepas dari efek sampingnya yang buruk, ternyata minum minuman beralkohol ada manfaatnya. Apa saja? Simak bahasan berikut!

Minuman Alkohol Baik untuk Kesehatan?Source: pexels.com

1. Kesehatan Jantung

Minuman beralkohol dapat melindungi kesehatan jantung dengan cara mengurangi penyumbatan pembuluh darah. Tentu hal ini jika dikonsumsi dengan porsi yang sewajarnya. Selain itu alkohol juga berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. 

2. Kesehatan Mata

Minuman alkohol seperti anggur merah memiliki kandungan yang dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makular (hilangnya penglihatan akibat kerusakan pada retina). Pasalnya di dalam minuman tersebut terdapat kandungan zat besi, magnesium, kalium, serta lutein dan zeaxanthin yang dapat memelihara kesehatan mata.

Minuman Alkohol Baik untuk Kesehatan?Source: pexels.com

3. Menurunkan Risiko Alzheimer & Parkinson

Journal of Agriculture and Food Chemistry meluncurkan hasil penelitiannya yang menyebutkan jika senyawa aktif dalam pucuk pohon cemara ampuh melindungi kita dari risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson. Maka dari itu minuman beralkohol yang dibuat dari bahan dasar biji-bijian dan pucuk pohon cemara seperti bir mengandung vitamin B1 dan B2, kalsium, magnesium, dan selium yang dapat menurunkan risiko alzheimer dan parkinson.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Consciousness and Cognition menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam porsi yang wajar dapat meningkatkan kinerja otak dan kreativitas untuk memecahkan masalah lebih cepat.

Minuman Alkohol Baik untuk Kesehatan?Source: pexels.com

5. Kesehatan Mental

Selain manfaat kesehatan pada tubuh, ternyata alkohol juga memiliki manfaat sosial dan psikologis jika dikonsumsi dengan porsi wajar. Meminum alkohol setelah seharian berkerja dapat membuat tubuh menjadi lebih santai dan dapat membantu menghilangkan stres.

Itulah manfaat minuman alkohol bagi kesehatan. Kendati demikian, mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga memberikan efek samping yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu bijaklah mengonsumsi alkohol agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

You may also like

Leave a comment