Wednesday May 01, 2024 14:26
Featured

Pilates dan Yoga, Serupa Tapi Tak Sama

Pilates dan Yoga, Serupa Tapi Tak Sama

MATA LELAKI - Pilates adalah sebuah olahraga yang berfokus untuk melatih fisik dan penguatan tubuh. Banyak yang beranggapan bahwa pilates mirip dengan yoga, karena pada dasarnya olahraga pilates merupakan versi modern dari yoga. Itu kenapa kedua gerakan olahraga tersebut terlihat mirip.

Walaupun begitu tetapi tujuan antara kedua olahraga tersebut berbeda. Pilates bertujuan untuk meningkatkan stabilitas tubuh, sedangkan yoga lebih berfokus pada sisi spiritual dan daya tahan tubuh. Beberapa orang juga melakukan gerakan pilates untuk pemanasan sebelum yoga.

Pilates dan Yoga, Serupa Tapi Tak SamaSource: pexels.com

Manfaat pilates bagi tubuh

1. Memperbaiki postur tubuh

Senam pilates melatih otot pinggul, perut, dan panggul yang menjadi pusat gravitasi tubuh supaya bekerja secara harmonis. Setiap gerakan yang dilakukan mampu mendukung otot inti agar lebih stabil sekaligus menjaga postur tubuh yang baik saat berdiri atau duduk.

2. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Melakukan pilates secara rutin mampu membuat tubuh kalian lebih bugar dan sekaligus terhindar dari stres. Selain itu kualitas tidur kalian akan lebih baik serta menjadi lebih segar ketika bangun dari tidur dan untuk siap untuk melakukan aktivitas.

Pilates dan Yoga, Serupa Tapi Tak SamaSource: pexels.com

3. Melatih Kekuatan Tubuh

Pilates mengandalkan beban tubuh khususnya otot inti yang membentang dari otot di sekitar panggul hingga otot dada bawah, punggung, dan perut. Melakukan gerakan senam pilates dengan tepat mampu meningkatkan kekuatan otot yang akan membuat kalian menjadi bebas gerak.

4. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Selain penguatan, gerakan pilates juga berkaitan dengan peregangan yang dapat melonggarkan otot. Tentu saja jika dilakukan secara rutin, fleksibilitas tubuh kalian akan lebih meningkat.

Pilates dan Yoga, Serupa Tapi Tak SamaSource: pexels.com

5. Membantu Melatih Fokus

Walaupun pilates terlihat mudah, tetapi dibutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi untuk melakukan gerakan-gerakannya. Kombinasi dari pengendalian tubuh serta pengaturan napas akan membuat kalian lebih fokus pada setiap gerakan yang dilakukan.

Itulah beberapa manfaat dan perbedaan antara pilates dan yoga. Apakah kalian sudah mencoba olahraga tersebut?

You may also like

Leave a comment