Monday May 20, 2024 22:32
Featured

Mengenal Seluk Beluk Olahgraga Baseball

Mengenal Seluk Beluk Olahgraga Baseball

MATA LELAKI - Baseball atau bisbol adalah sebuah olahraga bola kecil yang dimainkan oleh dua tim beranggotakan 9 orang dalam 1 tim. Olahraga ini dimainkan di lapangan besar yang memiliki empat pangkalan yang menandai jalur para pelari untuk mencetak poin. Untuk memenangkan permainan ini, salah satu tim harus meraih skor terbanyak selama pertandingan berlangsung atau 9 inning.

Mengenal Seluk Beluk Olahgraga BaseballSource: pexels.com

Dalam permainan baseball terdapat ukuran khusus lapangan, bola, dan peralatan lain yang perlu diikuti, yaitu:

  • Lapangan Baseball berbentuk bujur sangkar atau berlian dengan base yang terletak di tiga sudut. Jarak antara base yang satu dengan base yang lainnya adalah 27,432 meter, sedangkan jarak antara home base dengan pitcher plate adalah 18,45 meter. Pitcher plate adalah tempat pitcher melempar bola, yang berukuran 60x15 cm.
  • Bola Baseball memiliki diameter 7,3 cm, dan berat 178 gram. Umumnya bola baseball ini terbuat dari kulit sapi atau kuda.
  • Tongkat Baseball memiliki panjang 1,06 meter dengan penampang bergaris tengah 7 cm dan bungkus pegangan sepanjang 46 cm.

Mengenal Seluk Beluk Olahgraga BaseballSource: pexels.com

Sejarah Baseball

Meskipun olahraga ini sangat terkenal dan berkembang di seluruh dunia, tetapi asal-usulnya masih menjadi perbincangan. Banyak yang mempercayai bahwa olahraga ini ditemukan pada tahun 1839 di Cooperstown, New York, oleh Abner Doubleday, yang juga merupakan seorang perwira Angkatan Darat Amerika Serikat. Abner Doubleday menciptakan permainan ini selama musim panas. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena permainan pemukul bola dengan menggunakan bat sudah ada sejak jaman Mesir kuno.

Satu teori umum lainnya adalah bahwa olahraga baseball Amerika ini memiliki asal-usulnya dari permainan kasti (rounders) Inggris yang terlihat mirip dengan permainan baseball Amerika.

Mengenal Seluk Beluk Olahgraga BaseballSource: twitter.com

Pertandingan baseball resmi pertama di Amerika berlangsung pada 19 Juni 1846, di negara bagian Hoboken, New Jersey, yang merupakan momen yang sangat penting dalam sejarah baseball. Pertandingan baseball pertama ini dimainkan oleh dua tim yaitu New York Nine vs. Knickerbockers, yang mana New York Nine berhasil mengalahkan Knickerbockers dengan skor 23-1.

Meskipun di Indonesia olahraga baseball tidak sepopuler sepak bola atau bulu tangkis, masyarakat Indonesia sudah akrab dengan olahraga ini sejak tahun 1960-an, terlepas dari siapa yang memulai pertama kali olahraga ini di tanah air belum diketahui pastinya.

Masyarakat Indonesia biasanya lebih sering menyebut olahraga tersebut dengan olahraga kasti. Dua kota besar Jakarta dan Bandung menjadi tempat berkembangnya olahraga baseball di tanah air. Tidak bisa dipungkiri, jika olahraga baseball saat ini memang lebih mendominasi di wilayah pulau Jawa.

You may also like

Leave a comment