Wednesday May 01, 2024 08:32
Featured

Begini Awalnya Pingpong Dimainkan

Begini Awalnya Pingpong Dimainkan

MATA LELAKI - Tenis meja atau biasa disebut dengan pingpong adalah sebuah olahraga bola kecil dari plastik yang dipukul menggunakan bet. Permainan ini dimainkan di atas meja dan dibatasi oleh net yang melibatkan 2 atau 4 orang pemain.

Begini Awalnya Pingpong DimainkanSource: pexels.com

Permainan yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, karena bisa dibilang tenis meja merupakan permainan yang mudah dan tidak perlu tempat yang luas untuk memainkannya. Peralatan yang wajib disiapkan adalah meja, alat pemukul atau bet, dan bola pingpong. Kalau semua itu sudah lengkap barulah kalian bisa memainkan permainan ini.

Sejarah dari permainan tenis meja sudah dikenal masyarakat Inggris sejak abad ke-19. Pada saat itu penamaan dari permainan ini beragam, mulai dari whiff whaff atau gossima, tetapi banyak yang menyebut permainan ini dengan sebutan pingpong. Saking populernya, nama pingpong tersebut dijadikan merek sebuah dagang oleh perusahaan dari Inggris yakni J. Jaques and Son, Ltd pada tahun 1901.

Begini Awalnya Pingpong DimainkanSource: mambablades.co

Permainan ini awalnya hanya dimainkan oleh masyarakat kelas atas sebagai permainan yang dimainkan setelah makan malam. Saat itu alat yang digunakan adalah sebuah meja, beberapa baris buku yang disusun di bagian tengah sebagai net, bola golf, dan juga dua buah buku sebagai pemukul bola tersebut.

Barulah pada tahun 1901 bola dan bet versi modern ditemukan, yang mana pada saat itu seorang pecinta tenis meja berhasil menemukan sebuah bola seluloid dan membuat bet dengan lapisan karet dan permukaan kayu yang sudah dihaluskan.

Begini Awalnya Pingpong DimainkanSource: pexels.com

Pada saat yang sama tentara Inggris mengenalkan permainan ini kepada tentara Amerika Serikat yang membuat permainan ini berkembang dengan pesat. Tenis meja pun mulai merambah ke beberapa negara dan menyebar hingga ke beberapa negara Eropa dan Amerika.

Itulah sejarah singkat tentang olahraga tenis meja atau pingpong. Apakah kalian juga suka memainkan pingpong, atau justru ingin menjadi atlet tenis meja?

You may also like

Leave a comment